Puan Ingatkan Pemerintah Soal Ancaman Resesi 2023

Forumterkininews.id, Jakarta- Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi langkah pemerintah yang terus mencermati dinamika perekonomian global dan mempersiapkan berbagai langkah antisipatif untuk menghadapi ancaman resesi.

 “Di tengah tingginya ketidakpastian dan tekanan ekonomi yang silih berganti, DPR RI mengapresiasi Pemerintah dalam menjaga kinerja perekonomian Indonesia yang cukup baik dan tetap pada trajectory positif,”kata Puan dalam Sidang Paripurna di Gedung Nusantara II, Selasa (1/11).

Puan juga menyampaikan, pemerintah harus mengantisipasi ketidakpastian dan gejolak ekonomi dunia yang masih akan terus berlanjut hingga tahun depan.

Terutama, ancaman resesi ekonomi global terhadap Indonesia yang perlu diwaspadai. Menyusul terganggunya rantai pasok global sebagai dampak konflik Rusia-Ukraina yang telah menimbulkan guncangan hebat, yang pada akhirnya mengakselerasi laju inflasi.

Adapun ancaman resesi yang perlu diwaspadai lanjut Puan, antara lain menurunnya permintaan ekspor produk jadi Indonesia. Seperti tekstil dan kerajinan, terutama dari Amerika Serikat, Eropa, dan Tiongkok.

Selanjutnya yaitu kenaikan suku bunga di negara-negara maju yang menyebabkan aliran modal mengalir ke luar negeri.

“Kemudian melambatnya pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya beban biaya usaha. Ini dikarenakan depresiasi rupiah yang dipicu tekanan pada kinerja transaksi finansial,” terang Puan.

Untuk itu, DPR meminta Pemerintah terus mencermati dan menyiapkan langkah antisipasi atas berbagai faktor global dan nasional. Dimana hal ini dapat memberikan tekanan kepada kemampuan keuangan negara dalam APBN dan kondisi perekonomian nasional.

Artikel Terkait