Puncak Arus Mudik Pemotor di Pantura Terjadi pada H-3 hingga H-2 Lebaran

Forumterkininews.id, Cikarang -Pemudik kendaraan roda dua atau sepeda motor masih ramai melintasi Jalan Raya Pantura, tepatnya di kawasan Cibitung, Cikarang Barat, Jawa Barat.

Pada H-2 hingga H-1 lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, berdasarkan pantauan forumterkininews.id pada Sabtu (30/4) malam pukul 23.30 WIB, tidak terlihat kepadatan kendaraan roda dua yang digunakan pemudik untuk pulang ke kampung halaman.

Selain kendaraan roda dua, ada juga sejumlah pemudik yang menggunakan bajaj dengan membawa barang di atas kendaraan melewati jalan Raya Pantura, Cikarang Barat.

Alasan tidak terjadi kemacetan atau kepadatan kendaraan di Jalan Raya Pantura, karena sudah banyak yang mudik lebih awal, dan mulai waktu libur atau cuti bersama sudah beberapa hari yang lalu.

Selain kendaraan roda dua, ada pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat atau mobil pribadi melintasi atau melewati jalan raya Pantura. Pemudik memilih tidak melalui jalan tol Jakarta-Cikampek karena untuk menghindari kemacetan panjang.

Menurut Sjafri, salah satu pedagang atau penjual kopi di pinggir jalan Pantura, puncak arus mudik bagi masyarakat yang menggunakan sepeda motor pada Kamis (28/4) malam hingga Jumat (29/4) malam atau H-3 dan H-2 lebaran. Kata dia, pada dua malam itu sampai mengalami kepadatan kendaraan atau kemacetan.

Sjafri mengatakan bahwa saking padatnya kendaraan, masyarakat tidak bisa menyebrang, karena kendaraan pemudik yang melintas sangat rapat pada Kamis dan Jumat malam dari pukul 18.00 WIB hingga 00.00 atau jam 12 malam.

“Kalau hari ini, Sabtu sudah agak longgar kendaraan yang mudik, ya ramai lancar sekarang. Kalau kemarin sampai macet,” ujar Sjafri.

Artikel Terkait