Punya Ciri Ini? Selamat Kamu Masuk Kategori Wanita Cantik di Korea

FTNews – Standar kecantikan wanita di Korea Selatan cukup berbeda dari banyak negara. Masuk kategori cantik di Korea, ternyata cukup ketat. Wanita-wanita di Korea dituntut untuk nyaris sempurna jika mereka ingin terlihat cantik.

Salah satu yang biasanya dilakukan untuk menunjang itu adalah dengan operasi plastik. Tren ini sudah menjadi hal umum di Korea yang masih berlangsung hingga kini.

Opini “cantik tak harus putih dan langsing” terbantahkan dengan keras bagi warga Korea. Kok bisa ya?.

Jawabannya, karena ada beberapa faktor yang memperngaruhi kenapa Korea punya standar kecantikan yang cukup ketat dan tinggi.

Misalnya karena budaya dan tradisi. Yang mana sejak zaman kuno, budaya Korea Selatan memiliki tradisi yang menghargai kecantikan dan penampilan fisik.

Kedua karena pengaruh media. Media, terutama industri hiburan Korea Selatan seperti drama televisi (K-drama) dan K-pop, memiliki peran besar dalam membentuk standar kecantikan.

(Dok: Unsplash)

Ketiga, adanya teknologi kosmetik. Korea Selatan terkenal dengan industri kosmetiknya yang maju. Inovasi dalam produk-produk kecantikan, seperti skincare dan riasan wajah, telah memainkan peran dalam menciptakan citra kulit bersih dan sehat sebagai standar kecantikan.

Kempat, tekanan sosial. Ada tekanan sosial yang kuat dalam masyarakat Korea Selatan terkait penampilan. Standar kecantikan yang tinggi dapat mendorong orang untuk menjaga penampilan fisik mereka agar sesuai dengan norma-norma yang masyarakat akui.

Terakhir, globalisasi.  Dengan globalisasi, pengaruh budaya populer Korea Selatan telah meluas ke seluruh dunia. Kecantikan ala Korea Selatan sering kali menjadi tren di banyak negara, memperkuat standar kecantikan yang telah terverifikasi di dalam negeri.

Berikut, adalah standar kecantikan wanita Korea.

Kulit Cerah
Premium Photo | Young asian beauty woman model long hair with korean makeup style on face and perfect skin on isolated beige background facial treatment cosmetology spa aesthetic plastic surgery
(Dok: Freepik)

Kulit putih dan bersih sering di anggap sebagai simbol kecantikan di Korea Selatan. Produk-produk perawatan kulit yang bertujuan memutihkan kulit dan memberikan efek pencerah sering menjadi perburuan saat belanja.

BACA JUGA:   Bahan Kimia Penyebab Kanker Ditemukan di "Skincare"

Mata Besar

Premium AI Image | Young Asian woman with natural makeup pure beauty big eyes perfect skin dark hair on gray background
(Dok: Freepik)

Mata besar dengan lipatan mata yang tajam terlihat leboh menarik. Beberapa orang mungkin menjalani operasi plastik untuk mendapatkan efek ini, seperti double eyelid surgery.

Hidung Kecil

Hidung kecil dan tirus juga masuk sebagai ciri kecantikan yang jadi impian. Operasi plastik hidung (rhinoplasty) untuk mencapai bentuk hidung yang cukup umum.

Bibir Penuh

Bibir penuh dan merah muda sering dianggap menarik. Beberapa wanita menggunakan lipstik dan teknik make-up untuk menciptakan ilusi bibir yang lebih penuh.

Rambut Panjang dan Lurus

STRAIGHT HAIRSTYLES - Kpop Korean Hair and Style

Rambut panjang dan lurus sering dianggap feminin dan menarik. Meskipun tren rambut dapat berubah seiring waktu, rambut panjang tetap menjadi pilihan populer.

Bentuk Wajah V-line

(Dok: Medisetter)

Wajah dengan bentuk V-line, yang menciptakan rahang tirus dan tajam, sering dianggap menarik. Beberapa orang mungkin menjalani operasi rahang untuk mencapai bentuk wajah ini.

Pakaian Modis

Wanita Korea Selatan sering mengikuti tren mode terbaru. Pemakaian pakaian yang modis dan perhatian terhadap gaya pribadi juga menjadi faktor penting dalam konsep kecantikan.

Meskipun standar kecantikan di Korea Selatan dapat terlihat tinggi, penting untuk diingat bahwa persepsi kecantikan bersifat subjektif dan bervariasi dari individu ke individu.

Banyak orang Korea Selatan sendiri juga menyadari pentingnya merayakan keberagaman dan membangun kepercayaan diri tanpa terlalu terpaku pada standar kecantikan yang tertentu. Jadi, jangan insecure ya! bagaimana pun kamu, kamu tetap cantik!.

Artikel Terkait