Rutan Cipinang Gelar Vaksinasi Booster Kedua untuk Warga Binaan

Forumterkininews.id, Jakarta – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur menggelar vaksinasi booster kedua, Kamis (2/2). Sedikitnya 300 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kegiatan ini.

Sebelum divaksin, ratusan warga binaan itu harus menjalani pemeriksaan suhu dan tensi. Ini dilakukan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta dan Puskesmas.

“Pelaksanaan vaksin ‘booster’ kedua ini merupakan salah satu upaya menekan virus COVID-19 karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Marselina Budiningsih di Rutan Cipinang.

Pelaksanaan vaksin itu, kata dia, tidak hanya diperuntukkan bagi warga binaan. Namun bisa juga warga binaan yang baru melakukan vaksin “booster” pertama.

Selain vaksinasi di Rutan Cipinang, kata Marselina, ada beberapa rutan dan lapas yang melakukan vaksinasi.

“Hari ini kita laksanakan serentak di lima lapas dan tiga rutan sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap virus COVID-19,” ujarnya.

Untuk dosis vaksin, kata dia, telah disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. “Kami hanya menyiapkan warga binaannya saja. Kalau mereka sanggup menyiapkan vaksin 3.000 dosis, maka kami akan siapkan warga binaannya,” kata Marselina.

Dia menambahkan, tidak semua warga binaan di rutan dan lapas yang mengikuti vaksin “booster” kedua kali ini karena harus dicek kembali kondisi kesehatannya.

“Kalau kondisi kesehatannya kurang baik dan ada penyakit komorbid (penyakit penyerta), maka tidak mengikuti vaksin,” katanya.

Seorang warga binaan Rutan Cipinang, Miko mengaku baru menjalani “booster” pertama terbantu dengan adanya pelaksanaan vaksinasi tersebut. “Ini sangat terbantu,” ujarnya.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...