Sebanyak 388 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Madinah

Forumterkininews.id, Madinah – Sebanyak 388 orang jamaah haji telah tiba didi Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz Madinah. Kedatangan mereka langsung disambut Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Dr. Abdul Aziz Ahmad.

Pada penyambutan jamaah haji Indonesia kloter pertama ini, Duta Besar RI didampingi oleh Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi (PPIH).

Staf Teknis Urusan Haji KJRI Jeddah, serta para pejabat dari Konsulat Jenderal RI Jeddah. Menurut jadwal terdapat 16 (enam belas) kloter yang akan tiba pada hari yang sama, Rabu (24/5/2023).=

“Indonesia mengirim jamaah haji terbanyak pada tahun 1444/2023 ini, yaitu total 229.000 orang. Jumlah ini adalah jumlah jamaah haji Indonesia terbesar sepanjang sejarah. Awalnya 221.000 orang, kemudian ada tambahan kuota 8.000 orang. Sehingga totalnya 229.000 orang,” ujar Dubes Aziz.

“Ini merupakan bukti kedekatan hubungan Indonesia-Arab Saudi yang terjalin sejak lama dan semakin kuat,” tambahnya.

Jamaah haji kloter pertama ini datang melalui program Fast Track (Makkah Road). Makkah Road merupakan fasilitas pemeriksaan dokumen jamaah haji Indonesia oleh Keimigrasian Arab Saudi yang dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (pre-clearance).

Makkah Road ini bertujuan mempermudah agar calon jamaah haji saat tiba di Arab Saudi tidak dilakukan lagi pemeriksaan dokumen terkait.

Layanan tersebut diluncurkan pertama kalinya pada 2019 dan telah diterapkan di lima negara, yaitu Indonesia, Pakistan, Maroko, Malaysia, dan Bangladesh.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...