Setelah Sampah dan Pompa Air Rusak, Walkot Semarang Dibikin Pusing Gara-gara Ini

FTNews - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti dibikin pusing dengan hilangnya banyak penutup saluran air yang terbuat dari besi di beberapa lokasi wilayahnya.

Untuk sementara, ia mengatakan hilangnya penutup air yang terbuat dari besi tersebut akibat perbuatan orang tak bertanggung jawab yang mencurinya.

“Kami menyayangkan terjadinya pencurian inlet. Karena penutup-penutup ‘inlet’ (jalur masuk air) itu sangat diperlukan,” kata Ita, sapaan akrab Hevearita kepada wartawan, Rabu (3/1/2024).

Ia mengemukakan, ketika meninjau sejumlah titik untuk penanganan banjir beberapa waktu lalu, menemukan banyak penutup saluran air di Jalan Madukoro Semarang hilang serta beberapa lokasi lain.

Hilangnya penutup saluran air tersebut sangat membahayakan pengguna jalan, karena berpotensi menyebabkan kecelakaan. Selain itu, sampah juga tidak bisa tersaring sehingga bisa masuk ke dalam saluran air.

“Kalau diambil bisa membuat kecelakaan terhadap masyarakat. Selanjutnya, kalau ‘inlet’-nya hilang maka otomatis akan banyak daun, sampah, dan plastik masuk ke dalam saluran,” katanya.

Karena itu, ia meminta masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan rasa memiliki dengan menjaga seluruh sarana dan prasarana yang ada dengan baik.

Untuk mengantisipasi tidak berulangnya kejadian tersebut, ia berencana mememetakan sejumlah wilayah dan menambah kamera pengawas (CCTV) di beberapa lokasi.

“Saya minta ada mapping penambahan CCTV. Bahkan, kalau bisa dipasang di tiang lampu. Seperti di Jalan Madukoro ini sehingga bisa memonitor dan mengawasi,” katanya.

Ganti Penutup

Selain itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Suwarto juga mengatakan untuk mengantisipasi pencurian penutup saluran air, pihaknya berencana mengganti sejumlah penutup saluran yang sebelumnya berbahan besi dengan bahan beton atau cor.

Diakuinya, penggantian penutup saluran air menggunakan beton telah dilakukan di beberapa lokasi, seperti Gajahmungkur dan Kampung Kali.

Artikel Terkait

Gercep Polisi Gagalkan Rencana Tawuran Bersajam, Puluhan Remaja Ditangkap

FTNews, Kota Semarang--- Lagi-lagi tawuran. Kali ini terjadi di...

Jelang Peparnas XVII: Jateng Optimis Bakal Juara Umum lagi

FTNews, Surakarta – Penjabat Gubenur Provinsi Jawa Tengah, Nana...

Sempat Ranking 19, Kini Jateng Bercokol di Urutan 6 PON XXI

FTNews, Semarang--- Sempat bertengger di ranking 19, kini Jawa...

Genjot PAD, Sekda Jateng Usulkan Kepatuhan Wajib Pajak Jadi Indikator Kinerja

FTNews, Semarang--- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno,...

Jateng dan UEA Godok Kerja Sama Modernisasi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

FTNews, Semarang--- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Uni Emirat...