Soal Ibu Kota Negara, Seluruh Fraksi Capai Kata Sepakat

Forumterkinews.id, JAKARTA – Pansus RUU IKN yang diwakili seluruh Fraksi DPR RI telah mencapai kata sepakat untuk mengambil keputusan tingkat I. Hal ini diungkapkan Ketua Pansus RUU IKN, AHmad Doli Kurnia, Selasa (17/1)

Doli menjelaskan pengambilan keputusan tingkat I RUU IKN itu selanjutnya dibawa ke tahap pembicaraan tingkat II pada Rapat Paripurna DPR RI.

“Pansus IKN telah melalui proses yang panjang dalam rangka membangun kesadaran bahwa RUU IKN harus segera diselesaikan. Hal ini untuk kepentingan lebih lanjut dimana harus ada peraturan-peraturan teknis yang disusun pemerintah. Seperti sekian Peraturan Pemerintah dan Peraturan Presiden sebagaimana diatur dalam RUU IKN,” jelas Doli.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI ini menegaskan, RUU IKN dalam setiap pembahasannya selalu mengindahkan berbagai koridor. Seperti memenuhi syarat formil dan syarat materiil sebagaimana diatur dalam tata tertib dan tata perundangan.

Oleh karena itu, tutur Doli, Pansus RUU IKN sudah melalui berbagai tahapan proses dimulai dari Panitia Kerja (Panja). Kemudian Tim Perumus (Timus) dan Tim Sinkronisasi (Timsin) dan terakhir dalam rapat Pansus IKN sudah dituntaskan 4 isu klaster.

“Pansus IKN telah melakukan berbagai daya upaya untuk Pansus mencapai kata sepakat dan hasilnya pada pagi hari ini DPR bersama dengan pemerintah sudah berhasil mencapai kata sepakat untuk mengambil keputusan tingkat I terhadap RUU IKN,” pungkasnya

Artikel Terkait