Soal Kabinet Prabowo Mendatang, Jokowi Bakal Beri Saran

FTNews – Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengatakan, komposisi kabinet akan ditentukan Prabowo Subianto. Sementara, Presiden Joko Widodo akan memberikan saran.

Gibran menyebut hal tersebut setelah menghadiri silaturahmi dan buka bersama di Kuningan, Jakarta, baru-baru ini.

“Pak Prabowo yang akan menentukan, ya. Mungkin (Presiden Jokowi memberi) masukan, tetapi penentuannya di Pak Prabowo, ya,” katanya.

Gibran mengaku bakal terlibat dalam pembicaraan arah pemerintahan ke depan, meski komposisi kabinet tetap Presiden terpilih Prabowo Subianto yang menentukan.

“Pasti (dilibatkan). Sudah lama dari kemarin-kemarin. Sudah dibicarakan dari kemarin-kemarin,” tambahnya.

Meski demikian, Gibran tidak memerinci sudah sejauh mana pembicaraan terkait penyusunan komposisi kabinet.

Ia mengungkapkan tidak menutup kemungkinan bakal menggandeng rivalnya–Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta Ganjar Pranowo dan Mahfud Md masuk dalam kabinet.

Logo KPU
Logo KPU. (Foto: Twitter/@KPU_ID)

Suara Sah Nasional

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan hasil rekapitulasi suara nasional dan luar negeri pada Rabu lalu.

Hasilnya Prabowo-Gibran berhasil mengumpulkan suara 96.214.691 suara (58,63 persen), Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar meraih 40.971.906 suara (24,94 persen), dan Ganjar Pranowo- Mahfud MD meraih 27.040.878 suara (16,46 persen).

Penetapan KPU tertuang dalam keputusan Nomor 360 Tahun 2024 Tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Artikel Terkait

Makin Solid, Koalisi Jakarta Baru akan Gerilya Menangkan Rido

FTNews - Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengungkapkan partai...

Ridwan Kamil Hadiri Kick-Off Rembug Kota

FT News - Bertepatan dengan Hari Demokrasi Internasional, Rembug...

Terungkap! Ini Pesan Khusus Prabowo Pada Ridwan Kamil

FTNews - Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mendapat pesan...