Soto Ayam Masuk Daftar Sup Terenak di Dunia

FTNews – Beragam kebudayaan di Indonesia memberi keragaman cita rasa termasuk pada makanannya. Salah satu makanan yang berhasil mencuri perhatian internasional adalah soto ayam.

CNN memasukkan soto ayam ke dalam daftar 20 sup terenak di dunia. Janet Clarkson, penulis buku Soup: A Global History, mengatakan bahwa sup adalah salah satu makanan tertua dan universal di dunia.

“Soto ayam merupakan puncak dari kuliner Indonesia yang gurih ini,” katanya melansir CNN.

Rempah-rempah seperti kunyit, kayu manis, serai, dan daun jeruk berpadu menghasilkan aroma dan rasa yang mendalam.

“Dengan kuning telur rebus yang lembut untuk menambah kekayaan ekstra,” lanjutnya. 

Rupanya soto ayam juga ada di Singapura, Malaysia dan Suriname. Pada jaman dahulu, makanan ini dibawa oleh imgran Jawa pada saat masa koloni Belanda.

Soto memiliki banyak macamnya, bahkan setiap daerahnya memiliki soto yang berbeda. Selain itu, penyebutannya juga macam-macam, mulai dari coto, tauto, sroto, dan masih banyak lagi tergantung daerahnya.

Soto ayam yang mereka maksud adalah soto ayam tradisional dengan kuah kaldu ayam berwarna kuning. Soto ayam ini menggunakan bumbu seperti kunyit, bawang putih, jahe, dan bawang bombay.

Biasanya, penyajian soto menggunakan ayam suwir, irisan kol, dan bihun putih. Selain itu, orang-orang biasanya menambahkan telur, daun bawang, bawang goreng, jeruk nipis, dan sambal. Orang Indonesia memakan soto biasanya berpasangan dengan nasi juga.

Dalam daftar CNN tersebut, masih banyak sop-sop yang mereka sebutkan dari berbagai macam negara. Seperti Pho dari Vietnam, Tom Yum dari Thailand, Tonkotsu Ramen dari Jepang, dan masih banyak lainnya.

Artikel Terkait