Sudirman Said Batal Maju Cagub DKI Jalur Independen

FTNews- Eks Menteri ESDM Sudirman Said dikabarkan batal maju sebagai calon gubernur (Cagub) DKI Jakarta jalur perseorangan atau independen.

Kabar tersebut pun dikonfimasi Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta Astri Megatari.

“Jadi bukan gugur ya, memang tidak mencalonkan diri,” kata Astri dalam keterangannya, Selasa (14/5).

Selain Sudirman, Astri menyebut ada empat nama lainnya. Yang tidak menyerahkan syarat minimal dukungan pada waktu pendaftaran berakhir, Minggu (12/5).

Adapun empat nama tersebut, yakni Noer Fajriansyah, Poempida Hidayatullah, John Muhammad dan Sudirman Said.

“Jadi ketika 12 Mei tidak menyerahkan syarat artinya mereka tidak mencalonkan diri. Bukan kita yang menggugurkan,” ungkap dia.

Sebagai infromasi, pendaftaran calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta lewat jalur independen atau perseorangan buka mulai Rabu 8 Mei sampai Minggu 12 Mei.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta Wahyu Dinata mengatakan, calon perseorangan dapat mendaftar sebagai cagub dan cawagub. Apabila memenuhi syarat dukungan pemilih.

“Syarat dukungan minimal pemilih yang termuat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum terakhir adalah sebanyak 618.968 dukungan. Sebaran minimal jumlah dukungan harus berada di 4 kabupaten/kota,”ujar Wahyu pada Minggu (5/5).

Sedikit Calon

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut potensi jumlah calon kandidat perseorangan di Pilkada Serentak 2024 akan mengalami penurunan.

Komisioner KPU RI Idham Holik memaparkan, hal itu berdasarkan dinamika yang kini terjadi dan dari hasil mengkaji berbagai informasi.

“Sepertinya penyerahan dukungan pasangan calon perseorangan tidak seperti pada pilkada-pilkada sebelumnya. Artinya dari sisi jumlah potensinya ada penurunan,” ujar Idham, Minggu (5/5).

KPU sendiri kata Idham, sudah sejak jauh hari menginstruksikan untuk gencar dalam sosialisasi pendaftaran bakal calon Pilkada perseorangan.

BACA JUGA:   99 Pengacara Siap Pasang Badan untuk Lukman Edy Lawan Laporan Cak Imin

Namun, tahun ini belum ada konfirmasi sejak awal-awal seperti tahun sebelumnya.

Artikel Terkait