Support Perkembangan UMKM, Pemkab Purbalingga Siapkan Dana Hibah Rp1,3 Miliar

FTNews, Purbalingga— Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) menjadi perhatian Pemkab Purbalingga. Berbagai upaya dilakukan agar UMKM terus berkembang menjadi lebih baik. Salah satu upaya tersebut adalah dengan mendukung pendanaan.

Setidaknya sepanjang 2024 ini Pemkab mengalokasikan dana Rp1,3 miliar untuk pengembangan usaha agar produk UMKM bisa semakin naik kelas. Hal tersebut disampaikan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi pada acara UMKM Day di Pendopo Dipokusumo, dilansir Jatengprov

Pada tahap pertama, ujarnya, dana hibah telah dicairkan kepada 60 kelompok pelaku UMKM dengan total sebesar Rp610 juta. Bantuan tersebut adalah bagian dari komitmen Pemkab Purbalingga dalam mengembangkan sektor UMKM.

“UMKM ini memang sektor yang tahan terhadap krisis. Bahkan, kita dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari -1,32 persen saat pandemi melesat menjadi 5,42 persen tahun 2022. Lebih tinggi dari rata-rata provinsi maupun nasional. Jadi ternyata UMKM kita itu yang paling cepat pulih,” katanya.

Pertumbuhan ekonomi tersebut, ujar bupati, tidak terlepas dari fasilitasi pemerintah, mulai dari fasilitasi pelatihan, pendampingan, bantuan peralatan, bantuan pemasaran, bantuan pendanaan melalui Kredit Mawar dengan bunga nol persen, serta subsidi bunga.

“Kita juga mendukung melalui regulasi Bela-Beli. Regulasi ini mewajibkan setiap kegiatan pemerintahan untuk menggunakan produk lokal, misalnya jamuan saat rapat,” katanya.

Sebagai informasi, kegiatan UMKM Day diselenggarakan dalam rangka apresiasi Pemkab Purbalingga terhadap para pelaku UMKM. Sejumlah produk unggulan digelar dan dipamerkan. Termasuk pameran batik yang dikemas dalam Fashion Show dengan desain pakaian rancangan Asosiasi Fashion Desainer Purbalingga (AFDEGA). Panitia juga menggelar pelayanan perizinan gratis, seperti PIRT, NIB, sertifikasi halal, sosialisasi Kredit Mawar. Kegiatan tersebut juga menjadi sarana sosialisasi Gempur Rokok Ilegal.***

Artikel Terkait

Gercep Polisi Gagalkan Rencana Tawuran Bersajam, Puluhan Remaja Ditangkap

FTNews, Kota Semarang--- Lagi-lagi tawuran. Kali ini terjadi di...

Jelang Peparnas XVII: Jateng Optimis Bakal Juara Umum lagi

FTNews, Surakarta – Penjabat Gubenur Provinsi Jawa Tengah, Nana...

Sempat Ranking 19, Kini Jateng Bercokol di Urutan 6 PON XXI

FTNews, Semarang--- Sempat bertengger di ranking 19, kini Jawa...

Genjot PAD, Sekda Jateng Usulkan Kepatuhan Wajib Pajak Jadi Indikator Kinerja

FTNews, Semarang--- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno,...

Jateng dan UEA Godok Kerja Sama Modernisasi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

FTNews, Semarang--- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Uni Emirat...