Survei BPS, Indeks Kebahagiaan Banten Paling Rendah

Forumterkininews.id, Jakarta – Provinsi Banten menjadi provinsi dengan Indeks Kebahagiaan Terendah tahun 2021. Hal ini merupakan hasil survei pengukuran tingkat kebahagiaan yang dilaksanakan tiga tahun sekali.

Selain Banten ada Sembilan Provinsi lain yang indeks kebahagiaannya rendah. Yakni Jawa Barat urutan kelima dengan angka 70.13, di bawah Nusa Tenggara Timur 70.31, Sumatera Utara (70.57), DKI Jakarta (70.68), Aceh (71,24), Sumatera Barat (71,34).

Di bawah Jabar ada Papua (69.87), Bengkulu (69.87), dan Banten (68.08). BPS mengatakan, tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia 2021 diukur dari tiga dimensi. Ketiganya yakni kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affect), dan makna hidup (eudaimonia). Survei dilaksanakan serentak di semua kabupaten/kota di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

“Survei dilaksanakan pada rentang waktu 1 Juli sampai 27 Agustus 2021. Unit analisis adalah rumah tangga yang dipilih secara acak (random),” tulis BPS.

Dalam pengambilan responden, BPS menggunakan metode sampling yang digunakan untuk memilih sampel adalah two stage one phase sampling. Total sampel rumah tangga untuk keperluan estimasi tingkat kebahagiaan hingga level provinsi di Indonesia sebesar 75 ribu rumah tangga yang tersebar di 34 provinsi.

“Dalam SPTK, tidak semua anggota rumah tangga dapat dipilih sebagai responden karena ada beberapa pertanyaan (misalnya, pertanyaan terkait pekerjaan, pendapatan rumah tangga, dan keharmonisan keluarga) yang hanya dapat dijawab secara akurat oleh kepala rumah tangga atau pasangannya,” tulis BPS.

Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara oleh petugas menggunakan kuesioner terstruktur dan alat bantu. Alat bantu ini berupa scoring (rating scale) secara presisi terhadap pertanyaan terkait kepuasan hidup, perasaan, dan makna hidup.

Hasilnya, indeks kebahagiaan Indonesia pada 2021 berada pada angka 71,49. Angka itu naik 0,80 dibanding pada 2017.

BACA JUGA:   Hewan Kurban di Jakarta Diminati Daerah Lain

Pada 2021, penduduk perkotaan memiliki nilai indeks kebahagiaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pedesaan, yakni perkotaan 71,73 dan pedesaan 71,17. BPS menyatakan provinsi dengan indeks kebahagiaan tertinggi ialah Maluku Utara dengan poin 76,34, sementara yang terendah adalah Banten dengan skor 68,08.

Artikel Terkait