Surya Tjandra: Era Digital, Manajemen Resiko Harus jadi Perhatian Pimpinan

Forumterkinews.id, Jakarta – Sebagai upaya meningkatkan pemahaman manajemen risiko, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Risk Awareness Pimpinan Tinggi.

Wakil Menteri ATR/Kepala BPN (Wamen ATR/Waka BPN), Surya Tjandra mengungkapkan pada hakikatnya, pemerintahan dan birokrasi mempunyai tugas dalam melakukan pelayanan publik dan melakukan penyelesaian masalah. Oleh karena itu, kalkulasi dan manajemen risiko menjadi bagian penting terhadap keseluruhan program kerja pemerintah.

“Kebijakan akan selalu berubah, sehingga risiko seolah selalu menjadi bagian dalam kerja rekan-rekan sekalian,” ujarnya dalam keterangan pers, Jumat (14/1)

Berdasarkan hal tersebut, Surya Tjandra berujar terkait pentingnya membuat model dan standar kerja untuk menanggapi perubahan-perubahan situasi yang terjadi.

“Siapa pun Presiden dan Menterinya, pekerjaan Kementerian ATR/BPN tidak berkurang maupun kualitasnya menurun. Perlu ada efisiensi, efektivitas dan harus responsif terkait dua tugas utama pemerintah yang tadi,” jelas Wamen ATR/Waka BPN.

Surya Tjandra juga membahas seputar pentingnya manajemen risiko di sektor publik yang menjadi materi kegiatan hari ini. Ia berkata melalui manajemen risiko, menghasilkan sikap yang resilien dan adaptif terhadap perubahan dan ketidakpastian yang ada. Ia juga menyebut soal kemungkinan-kemungkinan di masa depan terkait Kementerian ATR/BPN.

“Bagaimana jika pada 2025, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) selesai? Apa yang terjadi setelahnya. Ini tentang bagaimana kita menyiapkan mitigasi dan manajemen risiko atas hal-hal yang kita ubah. Bagaimana komponen manajemen risiko itu diterapkan untuk membangun kualitas dan tak menimbulkan masalah yang muncul di masa depan,” pungkas Surya Tjandra.

Artikel Terkait