Taman Kota, Obati Kepenatan Warga Jakarta

Forumterkininews.id, Jakarta – Di tengah gedung-gedung Kota Jakarta yang menjulang tinggi dan padatnya penduduk di ibu kota, ternyata masih ada spot yang bisa warga pakai untuk bersantai dan refreshing dari aktivitas keseharian.

Salah satunya, di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan terdapat beberapa taman di pinggir jalan.

Ibrahim, seorang penjaga salah satu taman di daerah Pasar Minggu mengatakan keberadaan taman ini menjadi tempat favorit orang-orang di sekitar.

“Di sini mah sering ramenya pas sore atau Sabtu Minggu gitu. Kalo malem kita tutup bukanya dari jam 6 pagi ntar jam 6 sore udah tutup,” ujar Ibrahim Forumterkininews jumpai, Rabu (9/11) sore.

Taman Pasar Minggu Indah, baru berdiri sekitar satu tahun yang lalu. Peresmian dan terbukanya taman untuk umum pun baru pada pada Januari 2023 ini.

Menariknya selain dekat dengan permukiman penduduk. Taman Pasar Minggu juga sangat menyenangkan. Sejumlah pohon dan rumput tumbuh di taman ini.

Aneka wahana permainan seperti perosotan, jungkat-jungkit dan lapangan basket jadi kebahagiaan untuk anak-anak.

Saat Forumterkininews menikmati suasana taman sore itu, banyak anak-anak kecil bersama ibunya sedang bermain. Beberapa remaja juga terlihat bermain basket.

Taman Kota Pasar Minggu dilengkapi pepohonan sehingga tampak asri. Foto: Forumterkininews.id/Amalia Maharani

Sarana Bersosialisasi

Fasilitas taman di sekitar rumah penduduk ini berhasil juga mendukung keaktifan anak untuk bersosialiasi dengan tetangga.

Seorang pengunjung membawa anak balitanya bermain di taman untuk ikut aktif bersosialisasi.

“Saya suka sih keberadaan taman ini bisa bikin kita refreshing juga sambil nemenin anak. Banyak pohon ijo-ijo tuh saya suka. Terus anak jadi bisa main ketemu orang bersosialisasi,” tutur Putri sembari memperhatikan anaknya yang bermain perosotan.

Tak hanya taman ini, di wilayah Jakarta Selatan ada sejumlah taman lainnya yang menyenangkan sebagai tempat bermain dan berolahraga. Anak dan remaja pun bisa menjalani hidup sehat dari aktivitasnya di taman. 

BACA JUGA:   Polisi Ringkus Dua Tersangka Pencurian Sepeda Motor di Bekasi

Nadya, seorang remaja yang sering meluangkan waktunya untuk berolahraga di taman mengatakan keberadaan taman ini sangat membantunya untuk berolahraga.

“Bisa sih olahraga di rumah, tapi kalo di taman kan lumayan ya ada fasilitas olahraga gini. Udaranya juga lebih seger apalagi kalo sore di bagian sini tuh taman sepi,” ujar Nadya.

Nadya juga mengaku bahwa beberapa kali pernah mengerjakan tugas di salah satu taman di Jakarta, karena menenangkan.

Meski bersih dan terawat, sayangnya fasilitas yang ada di taman di Jakarta tidak selalu sama dan tidak lengkap seperti toilet.

Warga bermain dan berolahraga di taman kota. Foto: Forumterkininews.id/Amalia Maharani

Tambah Ruang Terbuka Hijau

Agustus 2023 lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berniat untuk menambah sarana taman sebagai komitmennya untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) hingga akhir tahun 2023.

Keberadaan taman di tengah ibu kota bukan hanya untuk menanggulangi polusi udara, sekaligus sebagai penyeimbang area hijau dengan pembangunan proyek infrastruktur. Meski begitu, taman yang ada mesti tetap dirawat dan dioptimalkan fungsinya.

Mengutip Jurnal Universitas Sebelas Maret berjudul “Kualitas Taman Kota Terkait Ruang Publik Kota”, manfaat taman sendiri sangat penting bagi sebuah kota. Selain berfungsi sebagai fungsi ekologi, taman juga berfungsi sebagai ruang publik untuk interaksi masyarakat di tengah kesibukannya.

Itu artinya taman yang ada di tengah kota harus dilestarikan dan digunakan secara optimal.

Artikel Terkait