Tangis Haru Luhut Pecah di Istana, saat Peluk KSAD Maruli Simanjuntak

FTNews, Jakarta- Tangis haru Luhut Binsar Pandjaitan pecah saat memeluk KSAD Letjen TNI Maruli Simanjuntuk di Istana Negara, Rabu (29/11).

Presiden Joko Widodo resmi melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Maruli Simanjuntak. Sosok KSAD yang baru presiden lantik ini ternyata menantu Luhut.

Kehadiran sosok Luhut dalam pelantikan menjadi sorotan karena Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi ini sekitar dua bulan terakhir menjalani perawatan di Singapura.

Usai pembacaan Keppres, Presiden Jokowi melakukan penyematan tanda pangkat jabatan KSAD kepada Maruli. Selanjutnya, Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan Maruli sebagai KSAD.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ucap Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan. Maruli pun mengikuti ucapan tersebut.

Pantauan siaran langsung Sekretariat Presiden, usai pelantikan, Jokowi berjabat tangan dengan KSAD Maruli. Luhut pun kemudian menghampiri Jokowi memberikan salam hormat lalu bersalaman.

Tak lama setelah itu, Luhut memberi salam hormat dan memeluk mantunya itu, lalu memeluk anak perempuannya. Tampak istri Luhut ikut mendampingi. Tak seperti sebelum menjalani perawatan. Rambut Luhut nampak memutih.

Letjen Maruli menggantikan KSAD sebelumnya Jenderal Agus Subiyanto yang kini menjadi Panglima TNI.

Turut hadir dalam acara ini Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

BACA JUGA:   Xanana Sebut Hubungan Positif Indonesia-Timor Leste Berkat PKB

Letjen Maruli merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1992. Putra Sumatera Utara ini terakhir menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...