Tanpa Hutang, Zulkifli Hasan Miliki Harta Kekayaan Rp32,8 Miliar

Forumterkininews.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) yang baru menggantikan Muhammad Lutfi pada Rabu (15/6) siang. Pelantikan tersebut pasca terjadi reshuffle kabinet.

Setelah ditunjuk menjadi Mendag yang baru, Wakil Ketua MPR RI memiliki harta kekayaan yang cukup fantastis.

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dirilis KPK periode 2021, politisi yang akrab disapa Zulhas ini memiliki total harta kekayaan Rp 32,8 miliar.

Hartanya terdiri dari tanah dan bangunan, transportasi, harta bergerak lainnya, surat berharga, serta kas dan setara kas.

Untuk harta yang tak bergerak, Zulhas memiliki harta senilai Rp12,9 miliar. Terdiri dari delapan bidang tanah di Jakarta Timur dan sebidang tanah di Bogor.

Sementara untuk harga bergerak seperti alat transportasi, Zulhas memiliki dua mobil dengan total nilai mencapai Rp 1,1 miliar. Kedua mobil ini merupakan Toyota Alphard keluaran 2009 dan 2019.

Kemudian harta tidak bergerak lainnya senilai Rp 1,5 miliar, surat berharga senilai Rp4,99 miliar, kas dan setara kas senilai Rp12,2 miliar. Namun, ia tidak memiliki nilai pada poin harta lainnya dan jumlah hutang.

Selain Zulhas, Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto juga dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi menggantikan Sofyan Djalil.

Jokowi juga melantik tiga nama sebagai wakil menteri. Yakni, elite Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/BPN. Raja Juli menggantikan Surya Tjandra.

Selanjutnya John Wempi Watipo, yang sebelumnya menjabat sebagai Wamen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) digeser menjadi Wakil Mendagri.

Nama terakhir adalah Sekjen PBB Afriansyah Noor. Afriansyah dilantik menjadi Wakil Menteri Tenaga Kerja.

Artikel Terkait