Tanpa “Seatbelt”, Berponsel Ratusan Pengendara Mobil Terjaring Operasi Zebra

Forumterkininews.id, Jakarta – Operasi Zebra 2023 memasuki hari ketiga. Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mencatat terjadi 360 pelanggaran pengendara kendaraan roda empat.

Pelanggaran yang polisi temukan antara lain, pengemudi tidak gunakan seatbelt dan penggunaan ponsel saat mengemudi.

Oleh sebab itu, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memberikan sosialisasi penggunaan seatbelt kepada pengendara roda empat di gerbang tol Cililitan, Kamis (21/9). 

“Kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat karena pada evaluasi hari ke-3, pelanggaran yang terkena khususnya roda 4 adalah penggunaan seatbelt. Makanya kita melakukan sosialisasi di tempat ini,“ kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, di Jakarta, Kamis (21/9).

Lebih lanjut Latif mengatakan, tercatat jumlah pelanggaran pengendara mobil tidak menggunakan seatbelt pada hari ketiga yakni mencapai ratusan.

“Untuk pelanggaran yang paling banyak yang tadi saya sampaikan, terkena e-TLE statis dan e-TLE mobile 360 pelanggaran, rata-rata penggunaan seatbelt, penggunaan hp, dan ada beberapa yang terkena ganjil genap,” ujar Latif.

Sosialisasi yang pihaknya lakukan ini harapannya dapat meningkatkan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan.

“Yang memang menjadi prioritas kita dalam kegiatan ini, tentunya betul-betul diharapkan 3 sasaran khususnya dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Ketertiban lalu lintas dan meningkatkan kesadaran berlalu lintas betul-betul sampai akhir operasi nanti bisa kita laksanakan di jajaran Polda Metro Jaya,” papar Latif.

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...