Ternyata Ini Alasan PKS Duetkan Anies Baswedan-Sohibul Iman

FTNews- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung Anies Baswedan-Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta 2024.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyebut, hal itu salah satunya karena DPW PKS DKI Jakarta telah mengusulkan nama keduanya.

“Struktur DPW PKS DKI Jakarta sebelumnya telah mengusulkan beberapa nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS. Termasuk Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Mohamad Sohibul Iman,” ujar Syaikhu, Selasa (25/6).

Ia menambahkan, bahwa nama-nama yang ada kemudian dibahas dalam Rapat Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP).

“Tentunya dengan mempertimbangkan calon yang memiliki rekam jejak pengalaman kepemimpinan. Baik di eksekutif maupun legislatif, memiliki kredibilitas dan kapasitas. Serta peluang menangnya besar,”paparnya.

(Anies Baswedan-Sohibul Iman /X DPP PKS)

DPP PKS, lanjutnya, kemudian mempertimbangkan usulan dari struktur DPW PKS DKI Jakarta.

Juga mendengarkan berbagai masukan para tokoh, ulama, habaib, tokoh lintas agama, dan para cendekiawan. Serta masyarakat terkait Pilkada Jakarta, atas pertimbangan tersebut PKS memutuskan mengusung Anies Baswedan dan Sohibul Iman.

“Maka DPTP PKS pada rapatnya di hari Kamis, 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Gubernur. Dan Bapak Mohamad Sohibul Iman sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024,” tandas Syaikhu.

Jalin Komunikasi

PKS saat mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai Capres 2024. (Foto: Ist)

Syaikhu mengatakan partainya menyadari tidak bisa sendirian mengusung calon di Pilkada. Ini lantaran jumlah kursi yang dimiliki belum memenuhi syarat untuk dapat mencalonkan.

Untuk itu, ia pun mengakui bahwa PKS telah menjalin komunikasi politik dengan partai-partai lain

“PKS telah membangun komunikasi dengan Partai NasDem. Dan lhamdulillah mendapatkan sinyal positif untuk membangun kerjasama di Pilkada DKI Jakarta,” ucap Syaikhu.

BACA JUGA:   Mendadak! Menlu Rusia Dilarikan ke Rumah Sakit

Tak hanya itu, ia juga menyingung wacana pertemuan dengan Partai Kebangkitan Bangsa
(PKB).

“Selanjutnya, rencana pertemuan dengan PKB juga sudah dirancang dan akan terlaksana. Kami optimis, Insya Allah sosok Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Mohamad Sohibul Iman adalah kandidat yang memiliki peluang menang besar,” pungkasnya.

Artikel Terkait