Tinjau Vihara di Jakarta Barat, Kapolda Metro Pastikan Aman Saat Perayaan Imlek 2023

Forumterkininews.id, Jakarta – Kapolda Metro Jakarta, Irjen Pol Fadil Imran meninjau salah satu Vihara Dharma di Jakarta Barat, Sabtu (21/1) malam.

Dalam tinjauannya ia memastikan kegiatan Imlek tahun 2023 aman dan berjalan lancar.

“(Imlek 2023) Ya kita amankan supaya kegiatan sembahyang tahun baru imlek berjalan dengan lancar. Ini juga salah satu kegiatan bagi saya untuk memastikan bahwa sembahyang menyambut imlek bisa berlangsung dengan baik,” ujar Fadil, saat diminta keterangan, Sabtu (21/1) malam.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya telah melakukan sterilisasi ke sejumlah vihara untuk mencegah hal yang akan menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Kalau vihara besar-besar kita lakukan sterilisasi. Sementara yang tradisional kita lakukan pengamatan secara manual saja. Aman, bisa lihat sendiri kan,” kata Fadil.

Untuk diketahui, ribuan personel gabungan Polda Metro Jaya dikerahkan ke sejumlah Vihara untuk mengamankan perayaan Imlek, Minggu (22/1).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan sebanyak 4.550 personel gabungan yang akan dikerahkan.

“Kami melakukan pengamanan menggelar 4550 personel yang terdiri dari 1403 Polda Metro Jaya, kemudian 1513 dari Polres jajaran yang di wilayah hukum Polda Metro Jaya, dan juga ada 343 dari rekan kita TNI, serta 1291 personel Pemerintah Daerah,” ujar Trunoyudo, dalam keterangannya, Sabtu (21/1).

Lebih lanjut ia mengatakan nantinya personel gabungan ini akan disebar ke sejumlah Vihara di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Ada 255 titik jumlah Vihara, namun dalam hal ini ada beberapa yang melakukan aktivitas. Ini yang nantinya akan menjadi prioritas untuk pengamanan oleh Polda Metro Jaya dengan jajaran Polres Polda Metro Jaya,” kata Trunoyudo.

Sementara itu ia berharap kepada masyarakat yang merayakan Imlek dapat menjalankan kegiatan dengan baik dan juga seluruh masyarakat dapat berpartisipasi mengamankan DKI Jakarta.

BACA JUGA:   KPK Periksa Mantan Anggota DPR RI Terkait Kasus Korupsi PT Garuda Indonesia

“Kami mengimbau ini dapat terlaksana saudara kita yang khususnya merayakan Imlek. Kemudian juga seluruh elemen masyarakat dapat berpartisipasi mengamankan ibukota negara khususnya DKI Jakarta. Jadikan Jakarta merupakan rumah kita bersama,” ucap Trunoyudo.

Artikel Terkait