Tips Tubuh Tetap Sehat saat Mudik Lebaran

FTNews – Mendekati Lebaran biasanya masyarakat Indonesia akan berbondong-bondong mudik untuk bertemu keluarga di kampung halaman.

Tidak sedikit juga mudik yang mereka tempuh memiliki jarak yang sangat jauh membutuhkan waktu puluhan jam. Bahkan dapat berhari-hari bergantung transportasi yang mereka gunakan.

Saat perjalanan tersebut biasanya tubuh akan rentan terserang penyakit. Tetapi, coba ikuti langkah berikut ini agar mudik kalian tetap sehat dan terjaga.

Konsumsi Suplemen

Ilustrasi seseorang meminum supelmen. (Foto: Freepik)

Mudik dengan jarak yang jauh membutuhkan energi lebih. Terlebih itu merupakan waktu berpuasa. Kalian dapat mengonsumsi suplemen untuk menambah daya tahan tubuh.

Suplemen tersebut kalian dapat temukan di berbagai apotek atau toko obat terdekat. Selain menambah daya tahan tubuh, biasanya dengan mengonsumsi suplemen akan memberikan energi lebih saat berkegiatan.

Sehingga sangat cocok untuk kalian yang akan bepergian dengan jarak tempuh yang jauh serta memakan waktu yang lama.

Sahur dan Buka dengan Makanan Sehat

Ilustrasi makanan-makanan sehat. (Foto: Freepik)

Ketika akan mudik dengan jarak yang jauh. Kalian harus mempersiapkan perlengkapan selama perjalanan. Tidak lupa menyiapkan makanan untuk memenuhi kebutuhan sahur dan berbuka.

Jika kalian abai dengan menu makanan yang akan mencukupi kebutuhan tubuh, maka akan menyebabkan tubuh tidak dapat memberikan energi seutuhnya.

Selain itu juga hindari makanan dengan rasa pedas atau asam. Hal ini agar pencernaan kalian akan tetap terjaga selama perjalanan.

Istirahat Cukup

Ilustrasi seseorang istirahat di mobil. (Foto: Freepik)

Saat mudik kalian juga harus mempertimbangkan waktu istirahat yang cukup. Jika menggunakan transportasi umum, maka akan sangat mudah menentukan waktu istirahat.

Tetapi jika kalian menggunakan kendaraan pribadi. Berikan waktu untuk istirahat beberapa jam setiap sudah merasa lelah. Hal seperti ini akan menghindari dari kantuk yang dapat menyebabkan kecelakaan.

BACA JUGA:   Vakum 5 Tahun, SNSD Siap Comeback Bulan Depan

Perhatikan Cairan

Ilustrasi seseorang sedang minum air. (Foto: Freepik)

Tubuh membutuhkan energi lebih saat kalian akan mudik Lebaran. Terlebih saat cuaca sedang pancaroba, maka tubuh akan membutuhkan cairan yang lebih.

Jika kalian tidak memerhatikan hal itu, dapat membuat tubuh dehidrasi dan akan berdampak bahaya saat bepergian.

Artikel Terkait