Usut Dugaan Kasus Pemerasan Pimpinan KPK ke SYL, 11 Saksi Diperiksa

Forumterkininews.id, Jakarta – Polisi masih melakukan penyidikan kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap penanganan perkara di Kementerian Pertanian.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi untuk membuat terang kasus tersebut.

“Sudah 11 orang saksi di tahapan penyidikan telah diperiksa sampai tadi malam,” kata Ade Safri, kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (12/10).

Lebih lanjut ia tidak menjelaskan secara detail terkait identitas saksi yang diperiksa. Namun mantan Kapolresta Solo ini mengatakan salah satu saksinya telah dilakukan pemeriksaan lebih dari satu kali.

“Dan salah satunya sudah dilakukan 2 kali periksa,” ucap Ade Safri.

Sebelumnya diberitakan, tim penyidik Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya terus mendalami kasus dugaan pemerasan ketua KPK. Dugaan kasus pemerasan itu terkait penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto mengatakan, pihaknya akan mengusut tuntas kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK tersebut.

“Ya kalau perkara sudah masuk, ya akan kita selesaikan,” kata Karyoto, kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (11/10).

Saat ini proses penyidikan masih berlangsung.

Ia menegaskan, penyidikan itu semacam sistem. Jika ada laporan masuk, pihaknya akan proses, selidiki, cari alat bukti dan klarifikasi.

“Kalau ada apa-apa gelar perkara,” ucap Karyoto.

Artikel Terkait