WhatsApp Uji Coba Fitur ‘Edit’ Pesan Terkirim

Forumterkininews.id, Jakarta  – Aplikasi pesan WhatsApp merilis versi beta terbarunya untuk Android, yaitu versi 2.23.10.13. Salah satu fitur yang dihadirkan yakni kemampuan mengedit pesan terkirim untuk beberapa pengguna tertentu.

Melansir phoearena.com, dalam aplikasi versi uji coba tersebut, fitur itu akan memungkinkan pengguna untuk mengedit pesan yang telah mereka kirim.

Dijelaskan phonearena, permintaan untuk fitur itu sebenarnya telah banyak diajukan para pengguna WhatsApp. Pasalnya, fitur tersebut akan memberi mereka kemampuan untuk memperbaiki kesalahan atau mengklarifikasi pesan tidak jelas yang mungkin terkirim secara tidak sengaja.

Fitur tersebut akan bekerja ketika pengguna mengetuk pesan terkirim dan memilih opsi “Edit”. Daari situ, penggunan dapat membuat perubahan pada pesan, dan versi yang diedit akan terlihat oleh semua penerima pesan asli.

Namun demikian, tetap ada beberapa batasan pada fitur ini di antaranya penerima pesan akan mendapatkan pemberitahuan bahwa pesan itu telah diedit.

Selain itu, pengguna juga tidak biosa berlama-lama membiarkan pesan yang akan diedit mengingat ada batasan waktu berapa lama pengguna harus mengedit pesan yang telah dikirimnya.

Dalam versi uji coba ini batas waktu yang diberikan untuk mengedit pesan adalah 15 menit sejak pengirimannya. Pun, pengguna tidak dapat mengedit pesan yang dikirim dari perangkat lain.

Setelah pengeditan, pesan akan menampilkan label “diedit” sebagai pemberitahuan kepada pengguna lain bahwa pesan tersebut tak lagi original.

Tidak semua pengguna yang terdaftar dalam Program Beta WhatsApp saat ini dapat menguji fitur ini. Program ini hanya untuk sejumlah pengguna tertentu, yang menunjukkan peluncuran bertahap.

Diharapkan fitur “edit” pesan ini bisa hadir di versi stabilnya. Namun, masih harus dilihat apakah dan kapan fitur tersebut akan tersedia secara luas.

Artikel Terkait