FTNews – Sebanyak 24 jenama asal Indonesia mengikuti sebuah pameran desain dan furnitur yang bernama Salone del Mobile 2024 di Milan, Italia. Pameran ini berlangsung pada tanggal 16-21 April 2024.
Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membantu jenama-jenama tersebut untuk membantu ekonomi kreatif karya anak bangsa.
Kemenparekraf memfasilitasi ke-24 jenama tersebut agar dapat berpartisipasi dalam pameran tersebut.
Selama pameran berlangsung, 24 jenama kreatif Indonesia ini memamerkan produk-produk terbaik miliknya. Jenama-jenama tersebut adalah sebagai berikut.
- SanihartoÂ
- Djalin
- Cocoon Asia
- Triconville
- East Colonial
- Lilue
- Kayou
- Sorajati
- MM Galleri
- Vivere Collection/Casaka
- Haradeco
- Sheo Home Living
- Seken Living
- Mohoi
- Siji Lifestyle
- Indo Risakti
- Eugenio Hendro x ROA
- Threadapeutic
- Pable
- Conture Concrete Lab
- MYCL
- Bana
- Robries
- Bell Living Lab.Â
Pameran Internasional Bergengsi Tinggi
Salone del Mobile sendiri merupakan salah satu pameran yang sangat bergengsi tingkat dunia. Sehingga, untuk dapat menampilkan karya-karya mereka dalam pameran ini sangat prestisius bagi para pelaku ekonomi kreatif.
Pameran ini sudah hadir sejak tahun 1961 di Milan. Mereka sudah telah menghadirkan jenama-jenama ternama yang berasal dari seluruh dunia.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga mendukung akan partisipasi jenama Indonesia dalam pameran ini. Ia juga menjelaskan bahwa kontribusi ekonomi kreatif Indonesia dapat mencapai $28 miliar atau sekitar Rp455 triliun di tahun 2024.
“Kontribusi tersebut diharapkan dapat terwujud dengan berpartisipasinya jenama Indonesia pada pameran-pameran bergengsi di dunia yang berpotensi menghasilkan angka transaksi yang besar, salah satunya pameran Salone del Mobile di Italia ini,†ujar Sandiaga.
Membuka Peluang Bisnis
Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, membuka Paviliun Indonesia pada Salone del Mobile 2024 pada hari Selasa (16/4) lalu.Â
Ia berharap dengan mengikuti pameran ini, jenama-jenama Indonesia akan mendapatkan peluang bisnis yang menjanjikan. Selain itu, ia juga berharap ini akan menjadi dorongan untuk memperkenalkan produk ekonomi kreatif Indonesia di hadapan dunia internasional.
“Banyaknya buyers potensial yang hadir dapat menjadi kesempatan bagi jenama Indonesia untuk menjalin kesepakatan bisnis yang pada akhirnya meningkatkan kontribusi ekonomi kreatif Indonesia, terutama dari penerimaan devisa negara dari sisi ekspor,†tuturnya.
Selain itu, Giri juga menjelaskan bahwa Kemenparekraf yakin jenama-jenama asal Indonesia ini dapat bersaing jenama internasional lainnya di Salone del Mobile 2024 ini.
“Jenama ekonomi kreatif Indonesia memiliki kualitas yang disertai dengan nilai tambah dari kekayaan intelektual pada desain-desain yang terinspirasi dari kearifan lokal dan budaya yang ada di Indonesia,†kata Giri.