Absen Lagi, Firli Bahuri Pilih Pimpin Konpers dan Diperiksa Dewas KPK

Forumterkininews.id, Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri kembali mangkir dari pemanggilan tim penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Pemeriksaan terhadap Firli sudah menyidik jadwalkan Selasa (14/11).

Pemanggilan dan pemeriksaan ini terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam penanganan perkara di Kementan tahun 2021.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, yang bersangkutan berhalangan hadir lantaran memenuhi undangan klarifikasi dari Dewan Pengawas (Dewas) KPK RI.

“Saksi FB selaku Ketua KPK RI memenuhi undangan klarifikasi kedua dari Dewas KPK RI, di Gedung Merah Putih KPK RI,” ucap Ade Safri, di Mapolda Metro Jaya, Selasa (14/11).

Lebih lanjut Ade Safri menuturkan surat penundaan panggilan ini telah pihaknya terima pada 13 November 2023. Kepala Biro Hukum KPK RI, Ahmad Burhanuddin yang menandatangani surat itu. 

Sementara itu dalam surat tersebut tertulis, nantinya Ketua KPK RI meminta untuk pemeriksaan kepada dirinya di Gedung Bareskrim Polri.

Namun ketika ada pertanyaan alasan Firli meminta pemeriksaan di Bareskrim Polri, Ade Safri menuturkan hal tersebut sepatutnya menanyakannya ke pihak KPK.

Kemudian penyidik pun akan berkonsolidasi terkait penjadwalan ulang pemeriksaan. Termasuk juga lokasi pemeriksaan di Bareskrim Polri.

“Koordinasi (jadwal pemanggilan) masih terus kita lakukan dengan biro hukum KPK RI terkait dengan waktu yang akan nanti ditentukan untuk pemeriksaan keterangan tambahan terhadap yang bersangkutan,” ungkap Ade Safri.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak di Mapolda Metro Jaya. Foto: Forumterkininews/Adinda Ratna Safira

Firli Bahuri Pimpin Konpres Kasus Korupsi Pejabat

Absennya Firli dalam pemeriksaan kali ini rupanya ia memimpin konferensi pers dugaan korupsi pejabat. Konpres kasus dugaan korupsi Penjabat (Pj) Bupati Sorong, Yan Piet Mosso, berlangsung di Gedung Merah Putih KPK RI sekitar pukul 12.30 WIB.

BACA JUGA:   Polisi: Pelaku Begal di Cikini Berjumlah Empat Orang Masih Dikejar

Terlihat Firli Bahuri dalam siaran langsung di Youtube resmi @HUMASKPK atau KPK RI memimpin jalannya konferensi pers. Firli mengenakan kemeja putih berlapis jas berwarna biru.

Deputi Penindakan dan Eksekusi, Rudi Setiawan, Kepala Biro Humas Yuyuk Andriati, dan Inspektur Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, I Nyoman Wara turut mendampingi. 

Usai konpres kepada awak media Firli menyampaikan ketidakhadirannya di Polda Metro Jaya lantaran menghadiri undangan Dewas KPK. 

Ia mengaku telah berkoordinasi kepada Polda Metro Jaya terkait pemanggilan ini.  

“Kita sudah komunikasikan, tadi sudah saya sampaikan bahwa saya akan datang. Tapi bukan hari ini, yang sebenarnya jadwal saya hari ini adalah menghadiri undangan Dewas KPK RI. Tapi Dewas sudah ngirim tugas tadi. Hari ini, seluruh Dewas tidak ada, kalau Anda mau ikut ke Dewas, saya mau ke Dewas hari ini,” ujar Firli.

Artikel Terkait