Ahli Kulit Asal AS Bagikan Tips Mengecilkan Pori-pori Wajah

FTNews – Wajah sehat menjadi dambaan semua perempuan. Sebab, memiliki wajah berseri dapat mendorong rasa percaya diri setiap saat. Guna mendapatkan hal ini, dokter kulit asal Amerika serikat berikan tips mengecilkan pori-pori wajah untuk mendapatkan kulit glowing.

Menjaga pori-pori wajah tetap bersih adalah kunci mendapatkan kulit bercahaya dan sehat. Lantaran, apabila tersumbat bisa menyebabkan masalah kulit, seperti komedo, jerawat, dan iritasi.

Pori-pori sendiri merupakan lubang kecil tempat tumbuhnya rambut. Di dalamnya terdapat kelenjar sebaceous yang mengeluarkan minyak kulit yang disebut sebum. “Sebum melewati dan melumasi permukaan kulit Anda,” ujar Kristel Polder, MD asisten profesor di departemen dermatologi Universitas Texas Southwestern, dikutip women’s Health.

Pori-pori Wajah
Foto: Shutterstock

Polder mengatakan, terdapat 20.000 pori-pori wajah. Pori-pori mulai terlihat lebih besar seiring bertambahnya usia, karena kerusakan alami kolagen dan elastin menyebabkan kulit menjadi kendur dan kendur. Sehingga, tampak lebih menonjol daripada kulit yang lebih kencang.

“Anda mungkin tidak dapat mengubah ukuran pori-pori, namun rutinitas perawatan kulit yang konsisten dapat membantu pori-pori tampak lebih kecil,” kata Sean Garrette pakar perawatan kulit dan ahli kecantikan Dior.

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pertama adalah mencucinya dua kali sehari saat mandi dan setelah kamu keluar rumah. Robyn Gmyrek, MD dokter kulit Kota New York merekomendasikan penggunaan pembersih wajah berbahan asam salisilat dan asam beta hidroksi yang larut dalam lemak, sehingga melarutkan minyak penyumbat pori. Dua bahan ini lebih baik daripada asam alfa hidroksi seperti glikolat atau laktat.

Pori-pori Wajah
Foto: Freepik

Selain itu, Garrette mengatakan penggunaan uap air sebelum mencuci wajah tidak akan membuka pori-pori, melainkan hanya melunakkan kotoran yang menempel dan membuatnya lebih mudah dihilangkan.

BACA JUGA:   Ini Angka SPF dalam Sunscreen yang Cocok untuk Musim Panas

Cara mengecilkan pori-pori wajah selanjutnya, Garrette merekomendasikan pemakaian serum antioksidan dan tabir surya. Kedua produk ini penting untuk menjaga kesehatan kolagen dan elastin agar kulit tetap kencang. Selain itu, pelembab kulit juga penting.

“Beberapa bahan dalam pelembab yang lebih kaya menyebabkan penyumbatan, jadi carilah formula ringan berbahan dasar air yang akan memberikan banyak hidrasi tanpa menumpuk di pori-pori Anda,” kata Garrette.

Pada malam hari, ujar Garrette menganjurka penggunaan serum retinoid. “Mereka mengurangi minyak, meningkatkan pergantian sel untuk mencegah penumpukan, dan merangsang kolagen,” kata Dr. Gmyrek.

Artikel Terkait