Air Beras Bisa Percepat Pertumbuhan Rambut, Benarkah?

FTNews – Perkembangan industri kecantikan membuat produsen berlomba-lomba menciptakan produk berbahan dasar alami. Salah satu bahan alami yang digunakan adalah air beras, yang dikatakan dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut.

Masyarakat percaya air leri dapat menyuburkan rambut, tetapi anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Dr Gaby Longsworth, seorang Ph.D., ilmuwan, praktisi kesehatan rambut, dan pendiri Absolutely Everything Curly mengungkapkan hal ini.

Dia mengatakan air beras membuat rambut tampak lebih panjang dan tebal, sayangnya tidak meningkatkan pertumbuhan rambut. Pasalnya, kandungan protein di dalamnya terlalu besar, sehingga “masuk ke helai rambut dan malah menciptakan lapisan pelindung yang tebal di setiap helai rambut,” ujar Dr Gaby.

Lapisan protein ini mencegah kerusakan rambut, “sehingga pertumbuhan alami terlihat lebih jelas. Tetapi perawatan ini tidak menyebabkan rambut tumbuh lebih cepat,” tambahnya.

Maka dari itu, Dr Gaby menerangkan bahwa air leri dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala, seperti kering, gatal, bersisik, teriritasi, sensitif, atau berminyak. “Memijat menggunakan air beras  akan meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut dengan cara ini,” katanya.

Selain mengandung protein, ujar Dr Gaby, air leri juga mengandung vitamin yang membuat rambut lebih sehat dan kuat, seperti vitamin C dan E, mineral, asam amino, dan antioksidan. Adapun vitamin c meningkatkan sebum untuk melembabkan kulit kepala, sedangkan vitamin E melapisi kulit kepala dan menciptakan kelembutan.

“Asam amino, bahan penyusun protein, berukuran kecil dan mampu menembus helai rambut dan membantu memperkuat dan memperbaiki rambut dari dalam,” jelasnya.

Untuk mendapatkan manfaat air beras, Dr. Longsworth menyarankan, sebaiknya digunakan pada rambut yang baru dicuci dan dikeringkan dengan handuk dan bebas dari penumpukan kotoran. 

BACA JUGA:   Pesona Ariel Tatum Kenakan Dress Belahan Ketat dengan Sentuhan Kain Ulos

Setelah menyiramnya, biarkan selama 10 menit, lalu bilas untuk mencegah sisa bahan menumpuk berlebihan. “Atau campurkan air beras dengan kondisioner, setelah itu bilas sampai bersih,” tutupnya.

Artikel Terkait