Azyumardi Dikenal Alwi Shihab Sebagai Orang yang Disiplin

Forumterkininews.id, Jakarta – Mantan Menteri Luar Negeri RI, H Alwi Abdurrahman Shihab (Alwi Shihab) mengungkap sosok Ketua Dewan Pers, Profesor Dr Azyumardi Azra sebagai orang sangat disiplin dalam kehidupannya.

Hal ini diungkapkan ketika ia menghadiri pemakaman Azyumardi Azra, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, pada Selasa (20/9).

“Almarhum ini sangat disiplin dalam kehidupannya, paling disiplin dalam hal membaca, menulis dan tidak ada waktu untik main-main,” kata Alwi.

Lebih lanjut ia mengatakan kehilangan tokoh yang produktif dalam hal menulis, membaca, dan mengikuti seminar.

“Almarhum tidak ada lelah-lelahnya, InsyaAllah ada lagi nanti yang timbul sebagai pengganti beliau di Indonesia ini,” ujar Alwi.

Sementara itu ia mengatakan sosok almarhum memberikan pelajaran mengenai inti dari Pancasila yang menjadikan Indonesia itu rukun dan tidak ada perpecahan sebagaimana yang terjadi di banyak negara Timur Tengah.

“Kami banyak sekali belajar dari beliau karena bukan saja perjalanan, tetapi sebelumnya juga sudah banyak berinteraksi,” ucap Alwi.

Ia mengatakan pertemuan terakhir dengan beliau setelah diangkat Ketua Dewan Pers yaitu bertemu melalui zoom meeting saat diadakan acara webminar.

“Selama Covid-19 ini sulit bertemu secara fisik tapi melalui zoom ikut bersama webminar. Kita kehilangan lah, sulit tuk menggantikan pak Azyumardi,” tutup Alwi.

Artikel Terkait