Babak 16 Besar : Pertarungan “Para Juara” Menuju Semi Final

FTNews, Jakarta – Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia sudah memasuki babak 16 besar. Berbagai tim berhasil melewati pertarungan fase grup ajang besar tersebut. Mereka pun harus mempersiapkan timnya untuk memperebutkan tiket menuju semi final Piala Dunia U-17 2023.

Perwakilan yang lolos menuju babak selanjutnya yakni Ekuador, Maroko, Spanyol, Mali, Inggris, Brasil, Argentina, Senegal, Prancis, Amerika Serikat, Meksiko, Jerman. Dan ada empat tim yang lolos melalui tiga tim terbaik seperti Iran, Jepang, Uzbekistan serta Venezuela.

Negara-negara tersebut berhasil lolos. Mereka sebelumnya sudah menampilkan permainan terbaiknya. Kini harus menggenjot kekuatan untuk berlaga pada babak 16 besar. Jika lolos bisa mencatatkan namanya di semi final Piala Dunia U-17 2023.

Sebanyak 24 tim dari berbagai negara terpilih berlaga di ajang yang berlangsung 10 November-2 Desember 2023 di Indonesia. Seiring berjalannya pertandingan kini akan memasuki babak 16 besar.

Tim U-17 Indonesia yang merupakan tuan rumah ajang tersebut gagal melaju ke babak 16 besar, usai bertanding pada fase Grup A Piala Dunia U-17. Indonesia menghadapi lawan Ekuador, Maroko dan Panama.

Skuad Garuda Muda tidak lolos karena berada pada peringkat ke 3 Grup A. Dengan perolehan dua poin, dari 2 pertandingan seri dan 1 pertandingan kalah.

Perbandingan Tim 16 Besar

Dalam pertandingan 16 besar, laga pertama akan dibuka dengan pertandingan Ekuador melawan Brasil di Stadion Manahan, Surakarta, Senin (20/11). Tim U-17 Ekuador harus siap memiliki strategi yang bagus untuk menghadapi tim Samba tersebut.

Tim Brasil U-17. (Foto: FIFA)

Tim U-17 Brasil sendiri memiliki perbandingan lebih baik dari Ekuador jika melihat dari peraihan yang ada. Sebelumnya, dalam ajang Piala Dunia U-17, Brasil sudah berhasil sebanyak empat kali meraih gelar juara. Mulai dari tahun 1997,1999, 2003, dan tahun 2019.

Sedangkan, Ekuador belum pernah mencatatkan sebagai juara. Tim La Tri tersebut baru hanya berhasil menembus babak 8 besar sebanyak dua kali yakni, pada tahun 1995 dan 2015.

Dalam laga tersebut, Brasil akan lebih mendominasi permainan dari peraihan yang ada. Terlebih Brasil memiliki para pemain mematikannya pada lini penyerang, seperti Rayan, Kaua Elias, dan Estevao.

Lalu selanjutnya, Jepang harus mempersiapkan para pemainnya dalam kondisi prima. Karena Tim Samurai Biru harus berhadapan melawan salah satu raksasa Eropa yakni Spanyol, di Stadion Manahan, Surakarta, Senin (20/11).

Tim U-17 Spanyol sudah memamerkan kemampuan sepak bolanya dari awal laga Piala Dunia U-17 berlangsung. Tim dengan julukan La Roja sudah empat kali menempati posisi juara ke dua ajang dunia tersebut, mulai dari tahun 1991, 2003, 2007, dan tahun 2017.

Selain itu, Spanyol memiliki pemain bertalenta yang sangat perlu diwaspadai, seperti Bintang Muda, Marc Guiu yang merupakan penyerang andalan tim Spanyol.

BACA JUGA:   Fajar/Rian Tembus Babak 16 Besar Indonesia Open

Namun, Jepang juga memiliki pemain berbakat seperti Rento Takaoka, yang kerap kali menjadi ancaman saat fase Grup D Piala Dunia U-17. Pemain tersebut sudah mencatatkan namanya dengan empat gol pada perhelatan sepak bola dunia tersebut.

Tim U-17 Jepang. (Foto: FIFA)

Bertarung Menuju Semi Final

Di sisi lain, akan ada pertandingan besar antara Jerman melawan Amerika Serikat. Tim Der Panzer hingga kini belum pernah terkalahkan dari bergulirnya Piala Dunia U-17 2023 ini. Tim tersebut sudah mengalahkan semua tim pada Grup F, dan memimpin poin teratas.

Sedangkan, Amerika Serikat sudah pernah kalah satu kali dalam fase Grup E melawan Perancis. Tetapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan Amerika memiliki peluang besar pada laga tersebut.

Kedua tim tersebut memiliki para pemain hebat, seperti Noah Darvich, yang merupakan pemain bintang Jerman. Pemain gelandang tersebut sangat mematikan, karena andalnya dalam mengeksekusi bola mati dengan baik. Noah sudah mencatatkan tiga asisst dan satu gol.

Lalu, dari tim Star Stripes memiliki pemain mudanya yakni Nimfasha Berchimas. Pemain sayap tersebut sudah mencatatkan namanya sebanyak tiga gol selama pertandingan Piala Dunia U-17 2023 bergulir. Nimfasha sangat andal dalam menggiring bola dengan baik, kemampuan tersebut lebih unggul dibandingkan pemain lainnya.

Selain Tim tim tersebut, Argentina dan Inggris memiliki peluang lolos yang juga cukup tinggi. Argentina akan menghadapi Venezuela di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (21/11). Tim Argentina memiliki peluang lolos menuju semi final sangat besar.

Argentina sendiri sudah seringkali menjajakan kakinya pada putaran final Piala Dunia U-17, dan sudah pernah menjadi juara peringkat ketiga sebanyak tiga kali. Sedangkan Venezuela, belum pernah mencatatkan namanya pada semi final.

Tim asal Legenda Maradona tersebut, memiliki pemain yang cukup mematikan seperti, Claudio Echeverri. Kapten Argentina tersebut mendapatkan julukan Si Iblis Kecil, karena kemampuan permainannya seperti Lionel Messi.

Lalu, Inggris pun memiliki peluang yang sama besarnya. Inggris sudah pernah menjadi juara dunia pada 2017. Melalui Joel Ndala, Inggris akan mendominasi permainan. Joel merupakan pemain yang pintar dalam mengecoh permainan lawan. Inggris sendiri akan menghadapi Uzbekistan di Jakarta International Stadium, Jakarta, Rabu (22/11).

Lalu beberapa tim lainnya juga akan memperebutkan tiket menuju semi final, seperti Meksiko melawan Mali di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (21/11) Pukul 15.30 WIB. Dan laga selanjutnya Maroko melawan Iran pada Selasa (21/11) Pukul 19.00 WIB.

Sebagai laga penutup, Prancis akan menghadapi Senegal di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (22/11). Laga tersebut merupakan kedua tim yang memiliki kekuatan sama tangguh.

Artikel Terkait

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...

Mengenal Lebih Jauh Olahraga Padel

FT News - Olahraga Padel memang masih asing di...