Bahaya Minuman Keras, Bisa Sebabkan Kebutaan

FTNews – Minuman keras beralkohol terbukti mengandung zat etanol. Zat ini memiliki dampak kepada tubuh, walaupun tidak terasa secara cepat.

Namun, perlahan-lahan tubuh akan menerima dampaknya terlebih mereka mengkonsumsi melebihi batas maksimal.

Untuk meminumnya, banyak juga orang yang meracik minuman tersebut dengan mengoplos berbagai merek hanya untuk mendapatkan sensasi sementara.

Namun bahaya di baliknya cukup mengintai, bahkan dapat menyebabkan kerusakan organ hingga kematian.

Dampak Alkohol Bagi Tubuh

Cropped close up of a man drinking beer at the home

Merusak Otak

Alkohol dapat membuat kerusakan pada otak. Sehingga membuat kinerja otak tersebut berkurang, dan menyebabkan sulitnya fokus dan berkonsentrasi.

Pola Tidur Berubah

Meminum-minuman dengan kandungan alkohol memiliki pengaruh yang besar pada kualitas tidur. Perubahan suasana hati akan mempersulit orang tersebut beristirahat.

Disfungsi Organ

Minuman keras juga berdampak kepada organ manusia. Mulai dari kerusakan pada hati, yang akan berdampak kepada kangker hati dan rusaknya pankreas.

Diabetes

Selain merusak organ, alkohol ini berdampak membuat seseorang terkena diabetes. Minuman beralkohol memiliki kandungan kalori atau kadar gula yang tinggi.

Selain itu juga minuman alkohol sangat sulit tubuh cerna. Sehingga pengendapan sisa tersebut bisa menjadi sebuah lemak tidak baik bagi tubuh.

Kebutaan

Dampak besar lainnya adalah kebutaan pada pengelihatan. Minuman beralkohol dapat membuat kerusakan parah pada mata seseorang.

Asam format yang zat metanol hasilkan dalam tubuh, memiliki pengaruh besar terhadap kerusakan mata. Dari zat tersebut berakibat kerukasakan pada indra pengelihatan.

Ilustrasi alkohol. (Foto: Freepik)

Hal seperti itu merupakan dampak bahaya yang mengancam kesehatan manusia. Alkohol sendiri tercatat dalam World Health Organization (WHO) sebanyak 3 juta korban meninggal akibat minuman tersebut.

Lalu akhir-akhir ini juga sedang ramai di media sosial. Mantan Kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga yang diduga mengalami kebutaan akibat minuman alkohol tersebut.

BACA JUGA:   Pengidap Diabetes Kini Dapat Menggunakan Pankreas Buatan

Dalam pengakuan mantan istri Kurnia Meiga, Azhiera Adzka Fathir mengatakan bahwa mantan suaminya tersebut merupakan alcoholism atau orang yang kecanduan alkohol.

Ilustrasi kekerasan. (Foto: Freepik)

Salah satu faktor hilangnya pengelihatannya karena ia mengkonsumsi minuman keras tersebut dalam jangka panjang dan berlebihan.

Bahkan dari efek alkohol tersebut, mantan punggawa Arema FC itu melakukan hal kasar kepada Azhiera yang merupakan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Artikel Terkait