Banten Berjaya Lagi! Alya Maulida Sabet Emas dan Ukir Rekor Baru Total Angkatan 201 Kg

FTNews, Banda Aceh— Lifter Banten kembali berjaya di ajang PON XXI. Kali ini Alya Maulida Kartika yang turun di kelas 81 kg putri. Alya bukan hanya berhasil menambah pundi-pundi emas Banten tapi juga mencatat rekor baru dengan total angkatan 201 kilogram.

Dikutip dari laman pon2024.id , pertandingan angkat besi digelar di GOR Seuramoe Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu (8/9/2024). Alya berhasil mencatat total angkatan 201 kilogram, yakni 91 kilogram snatch dan 110 kilogram clean and jerk.

Pada angkatan pertama snatch, Alya mengangkat beban seberat 84 kg. Pada angkatan kedua, Alya berhasil mengangkat beban seberat 160 kilogram dan angkatan ketiga 91 kilogram.

Sementara pada angkatan pertama clean and jerk, Alya mengangkat beban seberat 105 kilogram. Clean and jerk angkatan kedua Alya sukses dengan beban 110 kilogram. Dia gagal pada angkatan ketiga.

Raihan tersebut membuat Alya mencatatkan rekor baru. Rekor nasionalnya sebelumnya yakni total angkatan 196 kilogram dengan rincian snatch 91 kilogram dan jerk 106 kilogram.

Sementara lifter asal Jawa Barat Yuripah Melsandi meraih medali perak dengan total angkatan 196 kilogram yaitu 90 kilogram snatch dan 106 clean and jerk. Medali perunggu diraih Denia Ramadani dengan total angkatan 187 kilogram yaitu 83 kilogram snatch dan 114 kilogram clean and jerk.

Ketiga peraih medali gagal pada angkatan ketiga clean and jerk. Sementara lifter Aceh Hafizah Zahara gagal pada angkatan snatch.

Pertandingan angkat besi itu disaksikan para pendukung lifter serta masyarakat setempat. Lifter peraih medali emas Olimpiade Paris 2024 Rizki Juliansyah juga ikut menyaksikan langsung Alya bertanding. ***

Artikel Terkait

Mengenal Lebih Jauh Olahraga Padel

FT News - Olahraga Padel memang masih asing di...

Kinerja Pemprov Banten Dinilai Baik, Kemenkeu Beri Ganjaran DID Rp19,6 Miliar

FTNews, Serang--- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mendapatkan Dana Insentif...

Viral Plafon Venue Menembak PON XXI Ambruk, Menpora: Akibat Cuaca Buruk

FT News - Kebobrokan kembali muncul dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga...

Anggaran Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Mencapai 3,94 triliun

FT News - Anggaran penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024...