Bertambah! Polisi Periksa 52 Saksi Usut Dugaan Pemerasan ke SYL

Forumterkininews.id, Jakarta – Tim penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya terus mengusut kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap eks Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo. Pemeriksaan terkait penanganan perkara pada tahun 2021. Saksi yang penyidik periksa capai 52 orang.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi untuk mengusut kasus tersebut.

“Jadi total sampai dengan hari Kamis kemarin tanggal 19 Oktober 2023 telah dilakukan pemeriksaan atau permintaan keterangan terhadap para saksi sebanyak 52 orang saksi,” kata Ade Safri, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (20/10).

Lebih lanjut ia tidak menjelaskan secara detail terkait identitas para saksi itu. Namun Ade Safri menuturkan saksi tersebut di antaranya berasal dari pegawai KPK RI dan juga pegawai Kementerian Pertanian RI.

“Dari 52 orang saksi yang sudah kita lakukan pemeriksan atau permintaan keterangan dari pegawai KPK sebanyak 8 orang,” ucap Ade Safri.

Sekadar informasi, saksi yang telah Polda Metro periksa di antaranya Aide de Camp atau ajudan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kevin Egananta. Ia sudah dua kali penyidik periksa yakni pada 13 dan 18 Oktober 2023. 

Kemudian saksi lainnya yakni Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar. Pemeriksaan kepadanya juga berlangsung dua kali, pada 11 Oktober dan Rabu 18 Oktober 2023.

Bahkan penyidik juga telah memeriksa Eks Wakil Ketua KPK Saut Situmorang pada Selasa, 17 Oktober 2023. Lalu dan eks Wakil Ketua KPK, periode 2007 hingga 2011, Mochammad Jasin pada Rabu 18 Oktober 2023.

Artikel Terkait