Besok, DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Forumterkininews.id, Jakarta- Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengatakan fit and proper test atau uji kelayakan calon Panglima TNI akan digelar Komisi I DPR besok, Jumat (2/12) mulai pukul 10.00 WIB.

“Sesuai keputusan Bamus besok Komisi I akan melaksanakan uji kelayakan untuk calon panglima TNI. Besok hari Jumat tanggal 2 Desember,” ujar Hasanuddin ditemui di Gedung Nusantara 2 DPR RI, Jumat (2/11).

Adapun untuk rangkaian agenda fit and proper test itu katanya, akan dimulai pukul 10.00 WIB. Dimana akan dilaksanakan verifikasi data pribadi calon pabglima TNI.

”Urutannya pertama itu verifikasi data, dan itu cukup oleh pimpinan Komisi I plus perwakilan dari fraksi-fraksi, sampai dengan selesai. Lalu jeda, Salat Jumat dsb,”paparnya.

Kemudian pada pukul 13.30 WIB, fit and proper test akan dimulai yakni dengan paparan calon Panglima TNI selama 30 menit.

“Selama 30 menit kemudian di lanjutkan pertanyaan pendalam oleh masing-masing perwakilan dan fraksi masing-masing selama 7 menit dan kemudian dijawab oleh calon panglima TNI kira-kira 20 menit,”imbuh Hasanuddin.

Untuk substansi pertanyaan yang akan diajukan lanjutnya, akan diserahkan ke masing-masing fraksi. Namun berdasarkan pengalaman, ia menuturkan ada beberapa yang menjadi substansi.

 

“Yang pertama, misalnya saja tentang  permintaan kepada panglima agar prajurit TNI itu tetap dalam posisi netral, kemudian tidak berpolitik praktis terutama ketika menghadapi event-event seperti Pemilu, Pilkada, Pilpres, Pileg, dsb,” tegasnya.

Yang kedua, mengenai  tingkat disiplin yang perlu ditingkatkan.

Ketiga, yaitu meneruskan atau menyelesaikan Minimum Essential Force.

“Keempat, menjaga profesionalisme prajurit melalui upaya2 pelatihan dan pendidikan. Dan yang terakhir, meningkatkan yg namanya kesejahteraan prajurit,”pungkasnya.

Artikel Terkait