Breaking News! Tito Karnavian jadi Pelaksana Tugas Menkopolhukam

FTNews – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Menkopolhukam pengganti Mahfud MD hari ini, Jumat (2/2).

Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) No 20/P Tahun 2024. Tentang pemberhentian dengan hormat Mahfud MD sebagai Menkopolhukam.

“Pada hari ini, Jumat, 2 Februari 2024, Presiden telah menandatangani Keppres No 20/P Tahun 2024. Yang berisi pemberhentian dengan hormat Bapak Mahfud MD sebagai Menkopolhukam,” ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana dalam keterangannya, Jumat (2/2).

Dalam Keppres itu kata Ari, juga mengatur soal pengganti sementara Mahfud MD.

“Serta penunjukan Bapak Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas. Wewenang, dan Tanggung Jawab Menkopolhukam Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 sampai adanya Menkopolhukam definitif,” imbuhnya.

Mundurnya Mahfud

Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD resmi mengundurkan diri sebagai Menkopolhukam di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Surat itu ia serahkan langsung ke Jokowi pada Kamis, (1/2) di Istana Negara.

Mahfud menyebut, surat itu berisi tiga hal. Pertama, ia menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah menunjuk dan melantiknya sebagai Menkopolhukam pada 2019 lalu.

“Surat itu singkat hanya berisi tiga hal. Pertama saya menyampaikan terima kasih kepada bapak presiden RI bapak Joko Widodo. Yang pada tanggal 23 Oktober tahun 2019 mengangkat saya melantik saya sebagai Menko Polhukam,” ujar Mahfud usai menyerahkan surat di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/2).

Keputusan untuk mundur dari kabinet ini kata Mahfud, sudah iapikirkan sejak lama.

Namun, ia masih menunggu momentum dan membicarakannya dengan parpol pengusungnya bersama capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

“Saya katakan saya sudah lama sepakat untuk mundur tapi nunggu momentum. Itu apa, satu momen situasi yang tepat,” terang Mahfud.

BACA JUGA:   Mengejutkan! 5 Nahdiyin yang ke Israel Diajak Sosok Ini, PBNU Ungkap Misi Terselubung

Di sisi lain, Mahfud mengaku sudah mengemas barang pribadinya usai mengundurkan diri dari sebagai Menkopolhukam.

“Saya juga telah mengemas seluruh barang pribadi, dan telah siap keluar dari rumah dinas dan melepaskan seluruh fasilitas negara,”pungkasnya.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...