Buntut Polemik PD U-20, Diplomasi RI- Palestina Perlu Dikaji?

Forumterkininews.id, Jakarta- Anggota Komisi I DPR Dave Laksono angkat bicara soal hubungan diplomasi RI- Palestina pasca polemik Piala Dunia U-20 2023.

Kepada awak media, Dave memaparkan bahwa sejak dulu hubungan RI – Palestina sudah jelas. Dimana RI mengakui kemerdekaan Palestina.

“Kalau hubungan RI sama Palestina sudah jelas dari dulu kita mengakui kemerdekaan Palestina kita mengakui negara Palestina. Tapi situasi politik global dunia sekarang ini masih cukup tegang soal masalah ini (batal Pildun),” ujar Dave ditemui di Gedung Nusantara II DPR RI, Rabu (5/4).

Baca Juga : Sebelas Warga Palestina Tewas Usai Israel Bombardir Tepi Barat

Menurut Dave saat ini yang juga harus dilihat adalah tentang konflik politik serta permasalahan HAM. Bukan lagi tentang agama.

“Hanya yang harus dilihat politik adalah politik, dan HAM itu yang harus dikedepankan. Kita tetap mendorong terjadinya  perdamaian sehingga kita bisa membangun dunia lebih baik,”tandasnya.

Selain itu, Dave juga bicara mengenai usulan pengkajian hubungan diplomatik RI – Palestina. Kata Dave, bukan perlu dikaji ulang melainkan perlu didalami.

“Bukan dikaji ulang kalau pandangan saya, akan tetapi kita perlu perdalami dan kita perluas jadi kita mengeksplor segala macam aspek. Sehingga apa lun hal-hal yang bisa kita kaji kita kembangkan di sana,,”paparnya.

Apalagi lanjutnya, RI berencana membangun sejumlah fasilitas di Palestina sehingga hubungan diplomatik kedua negara harus terus dipupuk.

“Kita kan juga ingin bikin RS, membangun masjid , banyak kan bantuan kita untuk masyarakat Palestina, dalam rangka kemanusiaan yang lain juga bisa dikembangkan ke depannya,”pungkasnya.

Artikel Terkait