Dilantik Jokowi Hari Ini, Marsdya Tonny Resmi Jabat KSAU

FTNews- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Jumat (5/4), di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/TNI Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Udara.

Keppres yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin ini berlaku sejak saat pelantikan.

Usai pembacaan Keppres, Presiden Jokowi melakukan penyematan tanda jabatan, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah/janji jabatan.

(Setkab)

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” demikian Jokowi  mendiktekan sumpah/janji jabatan kepada Tonny.

Gantikan Marsekal Fadjar

Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono sendiri dilantik menjadi KSAU menggantikan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang telah memasuki masa pensiun.

Sebelum dilantik menjadi KSAU, Tonny menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II.

Tonny juga pernah menduduki jabatan sebagai Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres).

Dia menyelesaikan Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (SEKKAU) pada 2002, serta Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (SESKOAU) pada 2008.

Selama berkarier di militer, Tonny mendapatkan delapan penghargaan, seperti Satyalancana Wira Nusa dan Satyalancana Wira Siaga.

Dia kemudian mendapat promosi menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Udara (Kodiklatau) pada 2022. Selanjutnya, Tonny Harjono ditunjuk menjadi Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) di tahun yang sama.

Artikel Terkait