Disinggung Peluang Maju Pilgub DKI, Ini Kata Heru Budi

FTNews- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menanggapi soal peluang dirinya yang mungkin akan maju dalam kontestasi Pilgub DKI Jakarta 2024.

Kepada awak media, Heru terang-terangan menyebut bahwa masih banyak kandidat lain yang lebih baik.

“Gini, banyak kandidat yang lebih bagus, lebih baik untuk memimpin Jakarta.”karta Heru usai kunjungan ke lokasi pembebasan lahan pelebaran Kali Ciliwung di Kelurahan Rawajati, Jakarta, Jumat (17/5).

Akan tetapi Heru tak menjelaskan siapa sosok yang menurutnya lebih bagus memimpin Jakarta.

Pernyataan tersebut datang usai awak media bertanya apakah sudah ada partai politik yang berminat untuk mengusungnya Pilgub Jakarta.

Kemudian, bagaimana jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan restu kepada Heru untuk maju.

“Jawabannya, hari esok penuh misteri,” sambung Heru.

Pendaftaran Cagub DKI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta bakal menggelar Pilkada serentak pada Rabu, 27 November 2024 mendatang. Pendaftaran calon lewat jalur independen atau perseorangan juga telah buka pada Rabu 8 Mei sampai Minggu 12 Mei.

Calon independen atau perseorangan yang gagal memenuhi persyaratan minimal dukungan untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI, bisa maju melalui jalur partai politik (parpol).

Hal itu seperti disampaikan Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Dody Wijaya.

“Kecuali mereka (calon independen) tidak memenuhi persyaratan kemudian Parpol berminat untuk mengusulkan,” ujar Dody dalam keterangannya, Selasa (14/5).

Doddy mengatakan, dukungan partai politik, bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) memiliki syarat minimal 20 persen kursi di DPRD Provinsi.

Oleh karena itu, pihaknya menyarankan agar para calon independen bisa beralih mencari dukungan. Yakni melalui partai politik agar tetap bisa maju dalam ajang Pilgub DKI.

BACA JUGA:   Sambutan Jokowi di HPN: Kritik dan Masukan Insan Pers Sangat Penting

“Kalau ternyata tidak memenuhi persyaratan, otomatis dia punya hak untuk mencalonkan dan maju lewat jalur yang lain,”imbuhnya.

Artikel Terkait