Ditunjuk Sebagai Panitia MotoGP, Ini yang Harus Diselesaikan Hadi Tjahjanto

Forumterkininews.id, Jakarta – Mantan Panglima TNI Marsekal Purn Hadi Tjahjanto mendapatkan tugas baru dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni komandan lapangan persiapan MotoGP Mandalika di Lombok. Atas tugas tersebut, Hadi berkunjung ke Lombok Selasa lalu. Hadi Tjahjanto berkolaborasi mempersiapkan agar pagelaran MotoGP sukses.

“Kunjungan saya di sini atas perintah presiden guna mempersiapkan event MotoGP. Beliau berharap MotoGP ini menjadi event yang sukses besar,” ucapnya.

Menurut Hadi, standar keamanan dan segala persiapan saat MotoGP nanti berbeda dengan WorldSBK kemarin. Karena MotoGP berpotensi lebih besar lagi jumlah penonton. Menurutnya, IATC dan WSBK merupakan bukti bahwa NTB telah berhasil menyelenggarakan event internasional sekalipun.

“Namun kita ingatkan kembali MotoGP jauh lebih besar dari event sebelumnya,” ucapnya.

Hadi mengatakan beberapa persiapan harus segera dilakukan. Seperti contoh infrastruktur menuju Sirkuit Mandalika yang harus segera diperbaiki.

PR Panitia MotoGP

Untuk mengoptimalkan pelaksanaan MotoGP Mandalika, jajaran Pemerintah Provinsi NTB, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), dan pemerintah pusat bekerja sama menata kawasan, mulai area sirkut hingga percepatan pelebaran jalan provinsi Kuta di Kabupaten Lombok Tengah sampai Kruak di Kabupaten Lombok Timur.

Pasalnya ada beberapa ‘Pekerjaan Rumah’ yang harus diselesaikan. Tidak main-main, hal ini tegas dinyatakan Menteri Maritim dan Invesatsi Luhut Binsar Panjaitan.

Yang pertama adalah modifikasi cuaca, dimana penyelenggara MotoGP harus bisa memastikan modifikasi cuaca. Hal ini terlontar setelah evaluasi penyelenggaran superbike beberapa waktu lalu.

Selanjutnya adalah kondisi jalan yang mengalami banyak genangan ketika hujan turun. Harus dipastikan penyelenggara sudah bisa mengatasi hal ini.

Hal lain yang menjadi perhatian Opung LBP adalah promosi UMKM di kawasan tersebut. Bagaimana panitia bisa melakukan promosi secara masif untuk para pelaku UMKM. Dengan demikian penyelenggaraan MotoGP tidak hanya mengenalkan Indonesia, tapi juga berdampak positif untuk para pelaku UMK di kawasan tersebut.

BACA JUGA:   KPK Selidiki Kasus Lukas Enembe, Pejabat Pemprov Papua Dipanggil sebagai Saksi

Terakhir, Luhut meminta panitia MotoGP untuk memperhatian satwa liar yang ada di sekitar sirkuit Madalika. Karena beberapa waktu lalu ditemukan anjing liar mati dengan kondisi bengkak. “Ini harus menjadi perhatian panitia, agar perhetalan MotoGP sukses besar,” ujar Luhut.

 

 

Artikel Terkait