DPR Umumkan Laksamana Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI

Forumterkininews.id, Jakarta- Ketua DPR RI Puan Maharani secara resmi mengumumkan Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Dia akan menggantikan posisi Jenderal Andika Perkasa.

Kepada awak media, Puan menyebut bahwa pengumuman itu berdasarkan Surat Presiden (Surpres) yang diserahkan langsung oleh Mensesneg Pratikno.

“Saya menerima langsung dari Mensesneg. Saya akan mengumumkan bahwa nama yang disuulkan oleh presiden. Dia ditunjuk untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf Angkatan Laut atau KSAL,”ujar Puan saat konferensi pers di Gedung Nusantara III DPR, Senin (28/11).

Dengan sudah resminya surat dari presiden tersebut kata Puan, artinya Yudo Margono bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada  di dpr untuk kemudian melaksanakan mekanisme fit and proper test.

“Adapun prosedur atau mekanisme yang nantinya akan dilewati semuanya Alhamdulillah, Insya Allah akan dilewati semua mekanisme sesuai dengan UU yang ada,”imbuh Puan.

Sementara itu, untuk agenda uji kelayakan calon Panglima TNI, Puan menyebut akan segera mengagendakan. Mengingat DPR akan memasuki masa persidangan akhir pada 15 Desember 2022.

Serta akan memulai masa reses pada 16 Desember 2022. Sehingga pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Komisi I DPR.

 

Artikel Terkait