Filosofi Penyatuan Tanah dan Air, Agar Seluruh Wilayah Indonesia Kuat Bersatu

Forumterkininews.id, Jakarta- Prosesi penyatuan tanah dan air yang dibawa 34 gubernur di kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur dilakukan, Senin (14/3).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan prosesi ini sebenarnya dilakukan sebagai penanda dimulainya pembangunan IKN Nusantara.

“Bersama gubernur dan tokoh masyarakat, ada prosesi yang intinya kita berdoa dan memohon kepada Allah semoga program besar ini berjalan baik. Dan semoga semua elemen masyarakat mendukung,” katanya seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin, (14/3).

Heru menjelaskan, tanah dan air dipilih karena jika dijadikan satu kalimat akan berbunyi Tanah Air. Selain itu, diharapkan dua benda ini bisa jadi simbol persatuan karena dituangkan di tempat yang sama, yaitu Bejana Nusantara.

“Kita adalah negara nusantara yang dari ujung Aceh sampai Papua. Dan kearifan lokal berbeda-beda itu dituangkan dalam simbolis tanah dan air yang jika dijadikan satu menjadi kalimat Tanah Air,” ujarnya.

Adapun dalam prosesi yang ditayangkan secara langsung hari ini, acara penyatuan tanah dan air tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan prosesi penyerahan tanah dan air dari para gubernur ke Presiden Jokowi.

Dari tayangan itu, Gubernur DKI Jakarta diberi kesempatan pertama untuk menyerahkan tanah dan kendi berisi air kepada Jokowi. Kemudian, Jokowi menuangkan tanah dan air ke Bejana Nusantara.

Setelah Anies, giliran Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang mendapatkan kesempatan kedua dan dilanjut dengan gubernur lainnya. Termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Setelah acara penyerahan dan penuangan tanah serta air ke Bejana Nusantara rampung, Jokowi mengucapkan rasa syukurnya saat menyampaikan kata sambutannya. Dia bilang, ada cita-cita dan pekerjaan besar yang segera dimulai setelah prosesi tersebut.

Artikel Terkait

GEMPITA Sumbang Alquran Braille

FT News – Banyak pihak menyumbangkan alquran. Baik untuk...

Trauma Masa Kecil, Surya Saputra Pernah Gagap

Surya Saputra bercerita soal masa lalu yang ternyata, dilewati...