H-9 Lebaran, Kampung Rambutan Masih Terpantau Sepi

FTNews – Suasana Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur H-9 Lebaran 2024 masih terpantau sepi. Jejeran bus antarkota antarprovinsi masih terparkir berbaris menunggu calon pemudik.

Hal itu tampak dari pengamatan FTNews di terminal yang berdiri tahun 1986 dan terbesar dengan rute terbanyak di Jakarta ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan tanggal 8, 9, 12, dan 15 April 2024 sebagai cuti bersama untuk menyambut Lebaran 2024. Banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan momen untuk melakukan mudik atau pulang kampung.

Masyarakat melakukan mudik dengan menggunakan bermacam-macam mode transportasi. Mulai dari darat, air, bahkan udara.

Dari pantauan ini, yang baru terlihat adalah sejumlah penumpang bus tujuan Pulau Sumatra untuk melakukan perjalanan mudik. Sementara itu, untuk tujuan ke Jawa Tengah atau pun Jawa Timur terlihat sepi penumpang.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh PT A.N.S yang memiliki trayek Kampung Rambutan-Yogyakarta.

“Belum (ada lonjakan penumpang). Masih biasa aja,” ungkap Wiwin, petugas tiket PT A.N.S.

“Ada penurunan (jumlah penumpang dari Lebaran-Lebaran sebelumnya). Semoga menjelang Lebaran nanti bisa meningkat,” lanjutnya.

Selain itu, Dede selaku kondektur bus dari Prima Jaya dengan trayek Jakarta-Merak, juga mengungkapkan keresahannya. Pasalnya, sudah menjelang Lebaran, tetapi masih belum terlihat adanya kenaikan jumlah penumpang.

“Enggak signifikan (kenaikan jumlah penumpang). Belom tentu, mungkin masih tiga hari lagi. Seminggu ini masih kurang,” paparnya.

Meski begitu, banyak penumpang yang menuju Pulau Sumatra sudah memulai perjalanan mereka untuk mudik.

Terbukti, penjualan tiket di PT. Lantra Jaya dengan jurusan Jakarta-Padang sudah ludes terjual dari tanggal 28 Maret hingga 3 April 2024.

Full-nya sudah sejak tanggal 28, 29 Maret sampai tanggal 3 April. Masih ada kursi yang tersisa tapi cuma 1, 2, 1, 2 kursi aja,” jelas Yusman, petugas tiket PT. Lantra Jaya.

BACA JUGA:   Direktur Utama Pertamina Pastikan Stok BBM Subsidi Aman

Peningkatan Jumlah Pemudik

Antrean bus di Terminal Kampung Rambutan. Foto: FTNews/Ario Vallentino S

Libur Lebaran 2024 jatuh pada tanggal 10-11 April 2024. Dengan tambahan cuti bersama sebanyak empat hari, hari libur ini menjadi delapan hari panjangnya ditambah hari libur akhir pekan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menerangkan bahwa jumlah pemudik pada tahun 2024 ini akan naik hingga 50 persen. Ia memprediksi bahwa akan ada 193 juta pemudik pada tahun ini.

“Memang tahun ini survei menunjukkan bahwa kenaikan luar biasa naiknya 50 persen dari tahun lalu,” jelas Budi dalam rapat koordinasi angkutan mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (23/3).

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

Silaturahmi ke Rumah Nachrowi Ramli, Ridwan Kamil Disuguhi Tape Uli

FTNews - Pasangan calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono disuguhi...

Tiru Anies Baswedan, Ini 4 Cara Ridwan Kamil Menarik Hati Warga Jakarta 

FTNews - Ketiga pasangan calon gubernur Jakarta hampir pasti...