Hari Ketiga Ullambana 2024, Ratusan Umat Bacakan Liam Keng Di Cang Cing

FTNews – Rumah Ibadah umat Buddha dan lembaga Philanthropist Tian Shi Hua (TSH) yang dipimpin oleh Suhu Tian Shi Hua, Karmalie Abeng Lie masih merayakan Ullambana 2024 di Rancamaya, Bogor. Acara ini berlangsung selama empat hari terhitung sejak 29 Agustus 2024 hingga 1 September 2024.

Berdasarkan pantauan FTNews, acara ketiga Ullambana 2024 dimulai dengan pembacaan Liam Keng Di Cang Cing atau membaca parrita (kegiatan pembacaan ayat-ayat atau kitab-kitab suci).  Pembacaan ini dibagi menjadi tiga chapter mulai pukul 8.50 WIB dan terakhir pukul 13.00 WIB.

Sejumlah umat membacakan parrita di acara Ullambana 2024 (Foto: FTNews / Adinda Ratna Safira)


Terlihat sejumlah umat yang terdiri dari laki-laki dan perempuan mengenakan pakaian berwarna hitam dan merah maroon. Mereka masing-masing membawa buku dan membuat dua barisan sejajar.

Selanjutnya para umat dipimpin oleh juru doa membaca paritta dimulai dengan berdiri dan setelahnya mereka duduk dibangku berwarna putih. Terlihat para umat khusyuk berdoa dan terdengar suara merdu.

Suhu Tian Shi Hua, Karmalie Abeng Lie (Foto: FTNews / Adinda Ratna Safira)

Terkait hal ini, Suhu Tian Shi Hua, Karmalie Abeng Lie mengatakan pembacaan paritta ini dilakukan untuk mendoakan para leluhur yang telah tiada.

“Paritta itu untuk meringankan mereka (leluhur) dan kalo menurut keyakinan dan kepercayaan agama buddha bahwa jikalau mereka belum dapat tempat yang layak, karena anak cucunya bacakan paritta ya mudah-mudahan mereka bisa terangkat dan mereka bisa mendapatkan tempat yang layak atau tereinkarnasi kembali,” kata Suhu Abeng, pada Sabtu (31/8).

Kemudian Suhu Abeng mengungkapkan setelah membacakan paritta akan ada pengasapan obat ke para umat, Dhamma talk, acara lempar koin, hingga pemberangkatan kapal.

“Jadi kita ada pengasapan obat. Kita bakar ramuan obat-obat Chinese yang mana kita bakar, asapnya kita kasih ke peserta semua agar sehat,” ucap Suhu Abeng.

BACA JUGA:   Buat Warga Kota Semarang: Jangan Panik! Stok Beras Masih Aman

Sekadar informasi, Ratusan umat dari berbagai wilayah merayakan Ullambana yang diadakan oleh Rumah Ibadah umat Buddha dan lembaga Philanthropist Tian Shi Hua (TSH) di Rancamaya, Bogor, pada Jumat (30/8).

Perayaan ini dimulai dengan Suhu Tian Shi Hua, Karmalie Abeng Lie yang membuka acara. Adapun Ullambana 2024 ini juga dihadiri oleh suhu dari Taiwan.

“Hari ini kami dari TSH juga suhu Taiwan memberi satu kehormatan atas kehadirannya semua insikup. Acara ritual untuk hari pertama Ullambana 2024 dimulai,” kata Abeng.

Acara ini dihadiri oleh ratusan umat yang berasal dari wilayah Indonesia bahkan luar negeri. Diantaranya berasal dari Pelembang, Jakarta, Surabaya, Taiwan, dan China.

“Kalo menurut data yang masuk sampai hari ini ada 350an (umat),” ucap Abeng.

Artikel Terkait