Ini Bentuk Lipstik Tertua di Dunia, Ditemukan di Iran

FTNews -  Lipstik tertua di dunia berbentuk botol batu yang diukir dengan tangan ditemukan para arkeolog di Iran bagian Tenggara. Penemuan ini menjadi fenomenal karena tempat tersebut pernah melarang penggunaan makeup pada wanita.

Berdasarkan penanggalan karbon, lipstik tertua di dunia dibuat antara tahun tahun 1936 sebelum Masehi (SM) dan 1687 SM. Pada zaman perunggu ini, lipstik diaplikasikan dengan kuas.

Para peneliti menganalisis produk kecantikan itu berwarna merah tua dan mempublikasikan temuan mereka dalam laporan ilmiah. Bentuknya menyerupai versi kecil dari wadah lipstik silinder yang biasa dijual di pasaran masa kini. Bentuknya pun kecil dan mudah dipegang.

Salah satu dari tujuh ilmuwan, Massimo Vidale menyebut, penemuan ini menjadi penting untuk ilmu pengetahuan. Benda yang mereka temukan adalah cat bibir bukan lipstik padat.

“Penting untuk dicatat bahwa dalam keadaan pengetahuan saat ini, kami menghipotesiskan bahwa ini adalah cat bibir, bukan lipstik padat,” jelas Massimo Vidale dikutip NY Daily News.

Sebelumnya para ilmuwan meyakini lipstik tertua di dunia ditemukan di pada 2001. Lipstik itu berada di pemakaman abad ke-3 SM yang terendam banjir dekat Sungai Halil di Provinsi Kerman, di tenggara Iran. Produk kecantikan itu dipakai oleh budaya Jiroft, sebuah peradaban zaman perunggu.

Ketika ditemukan, ujar Vidale, cat bibir itu berada dalam botol batu dan isinya sudah menjadi bubuk karena dehidrasi selama lebih dari 3.700 tahun. Warna pigmen asli terlihat menggunakan mikroskop dan menunjukkan bahwa produk asli adalah warna merah yang intens.

Riset lebih lanjut dilakukan Vidale dan timnya. Hasilnya, kandungan lipstik tertua di dunia mirip dengan lipstik saat ini seperti lilin dan minyak nabati.

Artikel Terkait