Jangan Salah, Ini Perbedaan Jerawat Hormonal dan Bakteri

FTNews – Masalah kulit wajah yang sering terjadi pada semua orang adalah jerawat atau acne. Dari segi penyebabnya, perbedaan jerawat terbagi jadi dua, yaitu hormonal dan bakteri.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui secara pasti perbedaannya. Ketidaktahuan ini mengakibatkan cara penyembuhan yang tidak tepat.

Untuk itu, sebelum menyembuhkannya, perlu tahu perbedaannya berdasarkan penyebabnya. Ulasannya sebagai berikut.

Perbedaan Jerawat Hormonal dan Bakteri

Hormonal

Acne jenis ini disebabkan oleh hormon dalam tubuh, apalagi bila dalam masa pubertas, kehamilan, menopause, serta gangguan medis PCOS (polycystic ovary syndrome).

Adapun penyebab pastinya adalah meningkatkannya hormon androgen mengakibatkan produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Kondisi ini menyebabkan folikel rambut tersumbat.

Dari penyebab ini, acne sering kali muncul pada area wajah, khususnya di rahang, pipi, dan dagu. Adapun cara penyembuhannya, dapat menggunakan obat-obatan. Meski demikian perlu konsultasikan pada pada dokter.

Bakteri

Perbedaan jerawat bakteri disebabkan oleh bakteri yang hidup di kulit berjenis Propionibacterium Acnes.

Biasanya bakteri hidup di folikel rambut dan dapat menyebabkan peradangan. Indikasinya adalah kemerahan pada acne, terasa gatal, hingga bernanah.

Selanjutnya, perbedaan jerawat berdasarkan lokasi di wajah. Biasanya yang disebabkan oleh bakteri akan muncul hampir di seluruh wajah, terutama area berminyak, seperti dahi, hidung, dan dagu.

Adapun pengobatannya menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung antibakteri, seperti benzoil peroksida, retinoid, dan antibiotik.

Artikel Terkait