Jelang HUT RI di IKN, BNPT Perketat Bandara Sepinggan

FTNews- Jelang peringatan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Agustus mendatang, sistem pengamanan di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur mulai diperketat.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), penguatan sistem pengamanan ini mengingat Bandara Sepinggan merupakan salah satu akses menuju IKN.

“Hal ini mengingat Bandara SAMS Sepinggan menjadi salah satu akses bandara menuju Penajam Paser IKN,” ujar Kasubdit Pengamanan Objek Vital dan Transportasi BNPT RI Kolonel Cpl Sigit Karyadi, Selasa (18/6).

Sigit memaparkan, asesmen yang pihaknya lakukan di Bandara Sepinggan salah satunya mengenai pengamanan perimeter luar.

“Kemudian gedung VVIP, terminal kedatangan dan keberangkatan. Hingga kargo domestik maupun internasional,”paparnya.

Asesmen, lanjutnya, juga berlaku terhadap personel serta kelengkapan alat penunjang keamanan dan keselamatan. Jalur evakuasi pun turut menjadi hal yang BNPT cek.

“Asesmen objek vital dan penguatan pengamanan Bandara SAMS Sepinggan dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi. Yang diamanatkan Sekretariat Negara RI selaku anggota tim keamanan upacara kemerdekaan RI,”terangnya.

Upacara di 2 Lokasi

Sebelumnya, upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 mendatang bakal berlangsung di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan juga di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengungkapkan alasan mengapa upacara tahun ini akan berlangsung di dua lokasi. Kata Jokowi, hal tersebut karena kondisinya masih dalam masa transisi.

“Ini kan masa transisi. Masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara. Agar ada perjalanan menuju pindahnya itu keliatan. Jadi di sini (Jakarta) tetap upacara, di sana (IKN) tetap juga,” ujar Jokowi di Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (11/6).

Tak hanya itu, alasan lainnya yakni berhubungaj dengan transportasi dan akomodasi. Yang menurutnya, tidak mudah jika upacara 17 Agustus berlangsung sepenuhnya di IKN.

BACA JUGA:   Kampanye Baru Mulai, Data DPT Pemilu Diduga Bocor

“Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu tidak mudah,” paparnya.

Jokowi pun menambahkan, bahwa upacara peringatan HUT RI pada tahun-tahun mendatang bisa berlangsung di satu lokasi saja. Yakni IKN Nusantara Kalimantan Timur.

Ini akan berlaku ketika presiden sudah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) mengenai perpindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN.

“Nah nanti tahun depan kalo sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan baru nanti di IKN saja,” pungkasnya.

Artikel Terkait