Jokowi Bakal Adakan 7 Pertemuan di KTT ASEAN

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengatakan Joko Widodo akan melakukan 7 pertemuan di KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo.

Hal ini seperti diungkapkan Menlu Retno Marsudi usai hadiri rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Kamis (27/4).

“Baru saja Presiden memang memimpin pertemuan ratas dan mengecek semuanya secara detail,” kata Menlu Retno, diberitakan situs resmi Setkab.

“Termasuk urusan yang terkait dengan masalah pengamanan, infrastruktur, kesehatan, dan sebagainya yang intinya semuanya on the right track,” tambahnya.

Disebutkan Menlu, selama dua hari penyelenggaraan KTT, Presiden Jokowi akan mengikuti 8 pertemuan yang 7 di antaranya akan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

Pertemuan tersebut yaitu sesi plenary dan retreat, pertemuan IMT-GT (Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle), pertemuan BIMP-EAGA (Brunei, Indonesia, Malaysia, Philippines East ASEAN Growth Area).

Serta serangkaian pertemuan dengan parlemen, pebisnis, pemuda, dan high level task force yang bertugas menyiapkan visi jangka panjang ASEAN,

“Jadi total ada 8 pertemuan, 7 pertemuan di antaranya itu akan dipimpin oleh Bapak Presiden. Karena yang BIMP-EAGA itu akan dipimpin oleh PM [Perdana Menteri] Malaysia, karena rotasinya memang keketuaan BIMP-EAGA sedang ada di Malaysia,” jelas Menlu.

Terkait lokasi untuk KTT ke-42, Menlu menyampaikan bahwa pemilihan Labuan Bajo merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempromosikan destinasi ini secara global.

“Jadi Indonesia adalah banyak [destinasi], nah kita lakukan this time di Labuan Bajo,” ujarnya.

Artikel Terkait