Jokowi: Mobil Listrik jadi Tumpuan Transportasi di Ibu Kota Negara Nusantara

Forumterkininews.id, Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan peluncuran mobil listri Ionoq 5 di Cikarang, Rabu (16/3).

Mobil tersebut menjadi Battery Electric Vehicle (BEV) pertama yang diproduksi di tanah air. “Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia. Diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun ekspor,” ucap Joko Widodo, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Joko Widodo berharap Ioniq 5 bisa menjadi tonggak penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Sehingga memacu pengembangan mobil listrik yang semakin canggih dan diminati.

Jokowi mengatakan, ke depan kendaraan listrik menjadi moda transportasi utama. Termasuk menjadi tumpuan transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan di Ibu Kota Negara Nusantara.

Tahun 2022 ini akan menjadi momen penting untuk pengembangan baterai litium untuk kendaraan listrik. Beberapa investor akan memulai konstruksi, siap mengolah nikel dan kobalt kita menjadi bahan material lithium battery.

“Tahun 2024 mobil  listrik yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan baterai listrik dan komponen penting lainnya yang diproduksi di negara kita, Indonesia,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan, pemerintah akan terus mendorong peningkatan local content kendaraan listrik dengan memberikan insentif. Kemudian memangkas berbagai hambatan regulasi. Dengan demikian industri hulu dari kendaraan listrik akan tumbuh, sekaligus menciptakan lapangan kerja dan bisa mensubstitusi impor.

Pemerintah mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia dan juga pengembangan industri hulunya, terutama industri baterai. Seperti hari ini, Hyundai akan meluncurkan mobil listrik Hyundai IONIQ 5.

“Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia, yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor,” ujarnya.

Euisun Chung, Chairman Hyundai Motor Group mengatakan, hyundai Ioniq 5 akan memainkan peran penting di ekosistem mobil listrik Indonesia yang sedang berkembang. “Ioniq 5 styling, design, range dan teknologi sudah dinikmati banyak negara dan kami sangat bangga akan diproduksi di Indonesia,” ucapnya.

Artikel Terkait

Gus Miftah Ungkap Rencana Jokowi Usai Lengser

FT News - Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa...

Menpora Dito Minta Maaf Atas Kekurangan PON Aceh-Sumut 2024

FT News - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito...

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...