Jokowi Panggil Andrinof Chaniago ke Istana, Gantikan Zainudin Amali?

Forumterkininews.id, Jakarta – Kabar reshuffle di Kabinet Indonesia Maju kian santer. Pasalnya Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali sudah terpiliih sebagai wakil ketua II PSSI. Tentunya pengganti Menpora harus segara disiapkan.

Terbaru Presiden Joko Widodo memanggil mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago ke istana.

Hal ini dikonfirmasi Andrinof. Namun, ia hanya memberi komentar singkat mengenai rencana pertemuan.

“Ini cuma pertemuan sharing saja, sharing pemikiran,” kata Andrinof, Selasa (21/2).

Dia tak bicara lebih jauh soal pertanyaan lain. Andrinof tak menjawab apakah pertemuan terkait tawaran posisi menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Andrinof adalah peneliti yang dikenal memiliki kedekatan dengan Jokowi. Dia telah menjadi tim sukses Jokowi sejak Pilkada Solo.

Andrinof juga berperan dalam kemenangan Jokowi dan Ahok di Pilgub DKI Jakarta 2012. Ia pun ikut barisan Jokowi pada Pilpres 2014.

Jokowi menunjuknya sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas pada periode pertama. Andrinof menjabat sekitar satu tahun sebelum digantikan Sofyan Djalil.

Saat ini, Andrinof menjabat sebagai Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebelumnya diberitakan,  Presiden Joko Widodo menyebut belum menerima surat pengunduran diri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang baru saja terpilih sebagai wakil ketua umum PSSI.

“Secara resmi belum, tertulis belum, informal sudah,” kata Presiden Jokowi di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta pada Selasa (21/2), dikutip Antara.

Sebelumnya pada Senin (20/1), Zainudin Amali menyebutkan Presiden Jokowi telah mengizinkan dirinya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola nasional setelah menteri dari Partai Golkar tersebut terpilih sebagai wakil ketua umum I PSSI.

Amali terpilih sebagai Wakil Ketua Umum (waketum) I PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada Kamis (16/2). Dalam KLB itu, terpilih sebagai Ketua Umum PSSI yakni Erick Thohir yang juga Menteri BUMN, dan Wakil Ketua II PSSI dijabat Ratu Tisha.

BACA JUGA:   Presiden Jokowi Minta Pejabat Polri untuk Perhatikan Gaya Hidup Mewah

 

Artikel Terkait