Jokowi: Presiden dan Wapres Terpilih Harus Siapkan Diri

FTNews- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapan usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

Jokowi berpesan, Prabowo dan Gibran harus mempersiapkan diri dengan perencanaan yang sudah mereka kampanyekan.

“Artinya apa, presiden dan wakil presiden terpilih harus mempersiapkan diri. Dengan perencanaan-perencanaan yahh sudah dikampanyekan untuk masuk nanti setelah pelantikan langsung kerja,”ujar Jokowi di ICE BSD, Tanggerang, Rabu (24/4).

Jokowi juga meminta kepada semua pihak untuk menghormati keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres 2024.

Menurutnya, keputusan MK tersebut telah bersifat final dan mengikat.

“Ya ini kan tahapan proses itu kan sudah hampir selesai, semuanya. MK sudah, harus menghormati putusan MK sebagai sebuah putusan yang final dan mengikat,” tandasnya.

Sebelumnya, KPU resmi menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari memimpin langsung rapat pleno penetapan tersebut.

”KPU menetapkan pasangan calon Presiden dan Wapres nomor urut 2 Bapak Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai paslon presiden dan wapres terpilih tahun 2024 – 2029,”ujar Hasyim Asy’ari dalam sidang pleno di kantor KPU, Rabu (24/4).

KPU juga menyatakan bahwa Prabowo-Gibran menjadi pemenang Pilpres 2024 usai meraih 96.214.691 suara atau 58,59% dari total suara sah.

Dengan penetapan tersebut, Prabowo-Gibran selanjutnya akan menjalani pelantikan sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada Oktober mendatang.

Artikel Terkait