Jokowi Terima Kunjungan PM Timor Leste Xanana Gusmao

FTNews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1).

“Merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan resmi pertama perdana menteri Xanana gusmao sejak dilantik bulan Juli lalu. Ini menunjukkan hubungan kedua negara, Timor Leste dan Indonesia yang semakin erat,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, keduanya membahas dan menyepakati beberapa hal. Di antaranya mengenai perundingan perbatasan kedua negara.

“Kami telah membahas beberapa hal, yang pertama kita sepakat untuk mendorong penyelesaian perundingan perbatasan kedua negara. Saya juga menyambut baik reaktivasi Joint Border Committe untuk pengelolaan perbatasan termasuk reaktivasi pos lintas batas,” kata Jokowi.

(Dok: Setpres)

Selain itu, keduanya juga sepakat meningkatkan kerjasama ekonomi. Jokowi juga menyambut baik komitmen Pemerintah Timor Leste untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik melalui perjanjian perlindungan investasi.

“Yang kedua kita sepakat meningkatkan kerja sama ekonomi. Dan saya menyambut baik komitmen pemerintah Timor Leste untuk menciptakan iklim invetasi yang lebih baik. Melalui perjanjian perlindungan investasi,” ucapnya.

Jokowi dan Xanana Gusmao juga membahas beberapa kerja sama. Yakni, pembangunan Jalan Oecusse dan kerja sama pembangunan infrastruktur telekomunikasi Bandara Internasional Dili.

“Dan dengan penandatanganan MoU kerja sama teknologi informasi, kita juga mendorong kerja sama infrastruktur telekomounikasi termasuk rencana investasi fiber optik,” lanjut Jokowi.

Terakhir, Jokowi mengatakan Indonesia mendukung keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN.

“Yang keempat terkait ASEAN, Indonesia berkomitmen terus mendukung keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN,” pungkasnya.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...