Kamu Denial atas Kemampuanmu? Ini Solusinya

Forumterkininews.id, Jakarta – Saat ini istilah denial mungkin sering terdengar oleh kita, biasanya penggunaan istilah ini untuk menghadapi berbagai situasi, seperti masalah perasaan, keadaan, atau bahkan kemampuan diri sendiri.

Sebenarnya apa sih denial terhadap kemampuan itu? bagaimana cara mengetahui dan mengatasinya? Forumterkininews.id akan membantu kamu menemukan jawabannya.

Pengertian Denial

Denial merupakan salah satu mekanisme pertahanan (defense mechanism) psikologis yang membantu seseorang menghindari kebenaran yang berpotensi menimbulkan kesedihan. Seseorang menggunakan mekanisme pertahanan untuk mengantisipasi perasaan tertekan.

Pada fase denial, kita sedang berusaha melindungi diri sendiri dengan menolak kenyataan. Dalam masa ini kita tidak bisa menerima kebenaran mengenai sesuatu yang terjadi dalam kehidupan.

Menurut laporan situs kesehatan Mayoclinic.org, pada jangka pendek denial memang diperlukan dan membawa efek baik. Dengan denial, kita dapat menyesuaikan diri dengan masalah yang menyakitkan.

Namun, apabila terjadi dalam jangka panjang, penyangkalan diri dapat membawa kerugian. Kita akan cenderung melarikan diri dari dan tidak dapat menghadapi persoalan tersebut untuk selamanya.

Denial Terhadap Kemampuan Diri Sendiri

Seperti penjelasan di atas, denial merupakan sikap penolakan terhadap sesuatu. Denial terhadap kemampuan yang dimiliki merupakan salah satu contohnya. Kamu tidak percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki.

Selalu menyangkal ketika mendapatkan pujian, kamu akan mempertanyakan apakah benar pujian itu pantas kamu terima. Lalu apa penyebab seseorang denial terhadap kemampuannya ya, yuk sama-sama kita simak penjelasannya.

Penyebab denial terhadap kemampuan sendiri. Setelah memahami pengertian denial terhadap kemampuan, tentu kita juga perlu mengetahui penyebabnya. Berikut rangkuman yang forumterkininews.id dapatkan.

Takut terhadap ekspektasi orang lain

Ketika kita bisa melakukan sesuatu, orang-orang di sekitar tentu memiliki ekspektasi kepada kita. Hal inilah yang menyebabkan perasaan denial itu muncul, karena takut tidak dapat memenuhi ekspektasi mereka yang tinggi.

BACA JUGA:   Transplantasi Organ dari Hewan ke Manusia Dekati Titik Cerah

Takut menjadikan diri sombong

Menyadari kemampuan yang ada pada diri merupakan sesuatu yang baik, namun ketika mendapatkan terlalu banyak pujian juga akan menimbulkan ketakutan tersendiri.

Merasa semua hanya kebetulan (Insecure)

Lingkungan juga berperan penting dalam masalah ini, karena jika orang sekitar memberikan opini buruk terhadap kita tentu akan membuat tidak percaya terhadap kemampuan diri.

Cara mengatasinya

Memberikan pernyataan kepada diri sendiri jika kemampuan mu dapat memberikan dampak yang baik untuk sekitar. Kamu mungkin merasa jika kelebihanmu itu merupakan hal yang sepele atau tidak penting, tapi bisa jadi kelebihan itu sangat memberikan dampak bagi orang lain. Dampak itu akan terasa jika kamu mengakui dan mengembangkan kelebihan itu.

Artikel Terkait